Bass Hofner Milik Paul McCartney Ditemukan Setelah 51 Tahun Hilang
Paul McCartney dengan bass Hofner miliknya. (Los Angeles Times/Brian van der Brug)

Bagikan:

JAKARTA - Paul McCartney bertemu kembali dengan bass Hofner miliknya yang sempat dicuri 51 tahun yang lalu. Bass tersebut ditemukan oleh tim pencari yang tergabung dalam proyek yang dinamakan The Loss Bass Project.

Bass Hofner yang sempat menghilang itu punya sejarah penting, yang digunakan Paul McCartney selama rekaman dua album pertama The Beatles, termasuk di lagu hits seperti Love Me Do, She Loves You, dan All My Loving.

“Ini adalah bass yang memulai Beatlemania. Itu sebabnya (bass Hofner) menjadi penting, dialah yang mewujudkannya,” kata Nick Wass, ketua tim pencari, melansir Reuters, Minggu, 18 Februari.

Nick menyebut bass Hofner milik Paul diketahui keberadaannya setelah seseorang yang tinggal di daerah selatan Inggris menghubungi perusahaan milik Paul dan menyatakan ingin mengembalikan bass tersebut.

"Sebagai hasil dari publisitas tersebut, seseorang yang tinggal di sebuah rumah bertingkat di Hastings di pantai selatan Inggris menghubungi perusahaan Paul McCartney dan kemudian mengembalikan bass tersebut kepada mereka," tutur Nick.

Adapun, Hofner bass tersebut dicuri dari sebuah mobil di kawasan Notting Hill, London pada Oktober 1972.

"Bass tersebut telah diautentikasi oleh Hofner dan Paul sangat berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat," bunyi pesan di situs resmi Paul McCartney.

Lebih lanjut, Nick Wass mengatakan bahwa bass yang ditemukan dalam kondisi retak di bagian leher, bridge rusak yang perlu diganti, dan pickup yang tidak berfungsi lagi.

“Tapi mereka bisa diselesaikan, leher-nya bisa diperbaiki dan kami bisa membuatnya bisa dimainkan lagi,” pungkas Nick Wass.