Videonya Makan Acar Jahe di Restoran Dinilai Tidak Sehat dan Viral, Pria Ini Dihukum Penjara Dua Tahun

JAKARTA - Seorang pria yang video perilaku tidak sehatnya di salah satu gerai restoran di Osaka viral, dijatuhi hukuman penjara dua tahun empat bulan dan denda 200.000 yen Kamis lalu.

Ryu Shimazu, seorang pekerja konstruksi berusia 35 tahun, dinyatakan bersalah karena menghalangi operasi bisnis dan menyebabkan kerusakan properti restoran beef bowl Yoshinoya, dengan membawa wadah berisi acar jahe langsung ke mulutna untuk dimakan,dalam video yang viral secara online.

Jaksa menuntut hukuman penjara tiga setengah tahun dan denda 200.000 yen untuk Shimazu atas pelanggaran tersebut, melansir Kyodo News 15 Februari.

Sementara, Hakim Ketua Satona Takahashi menyebut tindakan Shimazu dalam lelucon pada Bulan September 2022 itu "egois dan jahat", mengatakan dia tidak mempertimbangkan bagaimana tindakan tersebut akan berdampak pada bisnis Yoshinoya Co.

Meskipun Shimazu mengakui tuduhan tersebut dan menunjukkan penyesalan, hakim menganggap dia kurang bermoral dan memikul tanggung jawab pidana yang "berat".

Menurut keputusan tersebut, perilaku Shimazu berarti perusahaan harus membuang jahe tersebut.

Seorang pria kenalan Shimazu yang merekam lelucon tersebut dan membagikan videonya di media sosial didenda 300.000 yen dalam putusan terpisah.

Diketahui, kasus ini terjadi ketika rantai makanan besar di Jepang berjuang untuk memerangi video viral berupa lelucon yang menampilkan perilaku tidak sehat, yang telah memicu kekhawatiran di masyarakat mengenai keamanan makan di luar.