Inovasi Mesin Blue Core 155cc, Bawa LEXi LX 155 ke Level Berikutnya

JAKARTA - Yamaha telah meluncurkan seri terbaru LEXi LX 155, menandai perubahan yang signifikan dengan dilengkapi mesin Blue Core berkapasitas 155cc, meningkat dari generasi sebelumnya yang hanya 125 cc.

Keunggulan mesin Blue Core 155cc yang dimiliki LEXi LX saat ini tidak hanya terletak pada kubikasinya, tetapi juga pada penyempurnaan teknologi yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11,3 kW pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 14,2 Nm pada 6.500 rpm.

"Mesin Blue Core 155cc generasi terbaru LEXi LX 155 mendapat berbagai pembaruan pada desain camshaft, piston, head, jalur oli, dan beberapa komponen lainnya. Hal ini meningkatkan efisiensi mekanis, mengurangi gesekan dan vibrasi, serta meningkatkan akselerasi dan performa motor," jelas Ferry Nurul Fajar dari PT Yamaha Indonesia Motor Mfg.

Namun jika melihat keseluruhan spesifikasinya, berikut perubahan yang membuat performa berkendara LEXi LX 155 semakin optimal:

  1. Body Cylinder & Forged Piston

    Peningkatan kubikasi mesin mengubah dimensi Body Cylinder dan Forged Piston, dengan ukuran diameter yang lebih besar, yaitu 58 x 58,7 (bore x stroke). Dinding Cylinder diperhalus untuk mengurangi gesekan dan kehilangan minyak.

  2. Head Cylinder & Valve

    Perubahan pada Head Cylinder meningkatkan rasio kompresi menjadi 11,6 dari sebelumnya 11,2, berkat penyesuaian ukuran dome capacity. Desain Head Cylinder yang baru juga menampilkan diameter kepala Valve yang lebih besar.

  3. Crankshaft & Rotor Assy

    LEXi LX 155 memiliki Crankshaft lebih pendek (277,8 mm dibandingkan 283,8 mm) dan Rotor Assy lebih ringan (1.130 gr dibandingkan 1.250 gr), meningkatkan akselerasi motor.

  4. Camshaft

    Bagian Camshaft juga diperbarui dengan pin dowel yang sebelumnya terpisah kini menjadi satu kesatuan (build in) dengan Camshaft, meningkatkan kekakuan dan mengurangi gesekan.

  5. Hydraulic Tensioner

    Perubahan signifikan terjadi pada Hydraulic Tensioner, di mana proses penekanan rantai keteng menggunakan kombinasi per dan oli. Ini mengurangi vibrasi dan membuat suara mesin lebih halus.

  6. Jalur Oli Baru

    Jalur oli baru mengalirkan pelumasan ke Hydraulic Tensioner selain Cylinder Head dan Cylinder Body, mengubah desain Crankcase.

Dengan serangkaian perubahan ini, LEXi LX 155 memperlihatkan evolusi yang mencolok dari generasi sebelumnya. Inovasi mesin Blue Core 155cc tidak hanya menjanjikan performa yang lebih baik, tetapi juga pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan efisien.