Tubuh Sehat Pengaruhi Energi Nggak Mudah Habis, Menurut Dokter Ditandai 5 Hal Ini

YOGYAKARTA – Mengatakan “saya sehat” tentu lebih mudah daripada memeriksa secara menyeluruh. Ketimbang periksa, banyak orang menganggap dirinya sehat karena tidak merasakan sakit pada anggota badan tertentu. Tetapi ternyata, keadaan sehat bisa terlihat dari tingkat energi dan bagaimana mekanisme badan bekerja secara normal.

1. Sel tumbuh, menyembuhkan, dan berkembang

Dalam keadaan normal, sel tubuh menerima instruksi untuk tumbuh, menyembuhkan, dan berkembang. Faktor penentu tubuh dalam keadaan sehat banyak sekali. Menurut dokter Kien Vuu, MD., ketika sel Anda lebih banyak energi, maka Anda juga memiliki lebih banyak energi. Anda akan menikmati manfaat kesehatan dari tingkat peradangan lebih rendah dan lapisan DNA melindungi sel dari penuaan.

2. Minim mengalami inflamasi atau peradangan

Ketika Anda banyak energi atau tak mudah lelah, artinya mekanisme tubuh bekerja dengan harmonis. Ketika peradangan, proses biologis utama mengalihkan kerja sel untuk bertahan hidup sehingga lebih mudah menua, tidak mampu memperbaiki dan meregenerasi dirinya sendiri. Saat inflamasi, mitokondria juga bekerja tak efisien dalam menghasilkan ATP (Adenosin Trifosfat) sehingga tubuh memiliki lebih sedikit energi untuk aktivitas secara optimal.

Ilustrasi tubuh sehat pengaruhi energi menurut dokter ditandai hal berikut (Freepik/cookie_studio)

3. Tingkat hormon seks lebih tinggi

Tingkat hormon seks dan perasaan senang lebih rendan dipicu tingkat hormon stres lebih tinggi, menyebabkan ketidakseimbangan mental dan gejala fisik tidak sehat. Pada kondisi ini, peradangan meningkat dan menjadi kronis sehingga menyebabkan gangguan autoimun atau penyakit kronis lainnya. Stres juga dapat menyebabkan tubuh Anda mengalami kelelahan yang tidak hanya menghambat fungsi optimal namun juga bisa mengembangkan rasa sakit, kecacatan, dan kematian dini.

4. Darah mengental, menggumpal, dan peradangan meningkat

Masih berkaitan dengan kondisi stres yang mengubah sistem saraf parasimpatis ke simpatik. Pada kondisi ini, darah mengental, lebih mudah menggumpal, dan peradangan meningkat. Daging mudah cedera, atau memar dan sistem kekebalan tubuh menurun saat mengalaminya. Tahukah Anda, kalau sistem kekebalan tubuh melemah, tidak bisa melindungi diri dari paparan virus dan kanker.

5. Mendapatkan tidur nyenyak hingga menguasai emosi

Terdapat tujuh elemen pada tubuh saling berkaitan, seperti tidur, nutrisi cukup, aktif bergerak, stres dan penguasaan emosi, pola pikir, memiliki tujuan, dan berhubungan sosial atau berkomunitas. Saat Anda meningkatkan satu elemen, akan lebih mudah meningkatkan enam elemen lainnya.

Misalnya, ketika mendapatkan tidur nyenyak dalam kuantitas pas, keseimbangan hormon akan terbentuk. Ini juga akan memengaruhi tingkat energi Anda saat olahraga dan menurunkan tingkat stres. Nah, saat tingkat stres lebih rendah, tubuh mencerna dan mengekstrak nutrisi lebih baik, dilansir Mind Body Green, Senin, 5 Februari. Hal ini, pada gilirannya, akan menghasilkan neurotransmiter dan hormon yang dioptimalkan, yang dapat meningkatkan keadaan emosi Anda. Ini memberi Anda bahan bakar untuk mencapai tujuan Anda dan berkontribusi pada komunitas Anda.

Menurut penjelasan dokter Vuu, seluruh organisme akan berkembang jika setiap sel memenuhi dan mencapai potensi maksimalnya. Maka, penting untuk menjaga setiap sel tubuh bekerja dengan baik. Caranya, menyeimbangkan ketujuh elemen tubuh yang disebutkan di atas saling mendukung satu sama lain secara harmonis.