Prosedur Rekonsiliasi Bank: Jurus Jitu Perusahaan untuk Mengidentifikasi Kecurangan

YOGYAKARTA - Kesalahan pencatatan laporan keuangan pada suatu perusahaan kerapkali ditemui karenakan bermacam pemicu sehingga perlu dilakukan rekonsiliasi, misalnya rekonsiliasi bank. Rekonsiliasi bank merupakan proses pencocokan saldo kas perusahaan dengan aktual kas dari laporan bank buat kurangi terdapatnya kesalahan yang mungkin terjadi.

Proses rekonsiliasi ini bakal memberikan gambaran secara langsung terpaut transaksi keseluruhan apa saja yang sudah dicoba perusahaan sepanjang kurun waktu tertentu. Sebaliknya prosesnya dilakukan dalam beberapa tahapan yang dibahas dalam bagian ini.

Apa Itu Rekonsiliasi Bank?

Suatu dokumen yang membandingkan jumlah saldo secara rinci buat memverifikasi pada laporan perusahaan di buku besar dengan informasi laporan bank. Laporan bank ini berupa rekening koran. Menerapkan rekonsiliasi atas dua akun, menolong buat mengidentifikasi yang mana dilakukan oleh tim akuntansi.

Rekonsiliasi bank yaitu dilakukan secara berkala guna memastikan catatan kas perusahaan dilakukan secara tepat. Ketika ditemukan terdapatnya perbedaan maka berikutnya bakal dilakukan jurnal penyesuaian dilengkapi bersama dengan fakta pendukung yang valid.

Tidak hanya itu, perihal ini pula menolong dalam mengetahui penipuan serta manipulasi.

Prosedur Rekonsiliasi Bank

Laporan rekonsiliasi bank dapat dilakukan, akun neraca yang dilaporkan oleh bank dibandingkan dengan buku besar bisnis. Berikut ini prosedur pada saat melakukan rekonsiliasi bank yaitu:

1. Bandingkan Saldo Perusahaan

Cocokan saldo bisnis yang sudah dicatat dengan laporan bank yang terdapat. Bandingkan tiap transaksi yang tercatat dengan laporan bank semacam rekening koran yang didapatkan perusahaan tiap bulannya pada saat memiliki rekening giro.

Sehabis identifikasi dilakukan, tandai tiap item yang timbul dari kedua catatan tersebut bila ada kesamaan ataupun perbedaan.

2. Penyesuaian Laporan Bank yang Tidak Tercatatkan

Sesuaikan saldo di laporan bank dengan saldo akhir perusahaan. Penyesuaian saldo kas akhir dengan laporan bank selaku kas masuk serta keluar dan cek sudah tercatat pula di buku besar ataupun belum. Pada saat belum tercatatkan mungkin disebabkan proses kliring ataupun juga perbedaan waktu.

3. Penyesuaian Kas yang Tidak Tercatatkan

Langkah berikutnya yakni membiasakan saldo kas di akun bisnis. Lakukan penyesuaian di akun bisnis, misalnya saja penambahan bunga ataupun pengurangan biaya bulanan.

- Biaya bank ialah biaya layanan serta biaya yang dikurangi dalam pemrosesan perbankan dari aktivitas pengecekan rekening giro.

Perihal ini dapat termasuk bayaran bulanan ataupun bayaran penarikan dari akun, dipotong dari rekening. Bila Kalian mendapatkan bunga dari saldo akun bank, pastikan ditambahkan ke akun kas.

- Kesalahan penginputan nominal dalam akun kas menyebabkan perlu dilakukan pengkoreksian serta penyesuaian. Pengkoreksian kesalahan bakal menambah ataupun mengurangi jumlah kas di buku.

4. Penyesuaian Kesalahan Akun Kas serta Laporan Bank

Bermacam kesalahan ataupun juga kecurangan dapat diketahui lewat rekonsiliasi bank walaupun tidak sering terjadi, tetapi kemungkinan tersebut bisa terjadi. Kesalahan di sini termasuk penginputan data yang keliru ataupun kelalaian lainnya yang mana misalkan keliru dalam menuliskan jumlah transaksi ataupun juga jumlah pembelian item barang.

5. Mengkoreksi Akun Kas di Buku Besar

Sehabis menyesuaikan saldo pada tiap bank serta pembukuan, perlu dicek jumlahnya yang semestinya sama. Bila masih tidak sama, Kalian wajib mengulangi proses rekonsiliasinya lagi. Sebaliknya pada saat saldo sama, bisnis butuh mempersiapkan entri jurnal guna menyesuaikan saldo per buku.

Penyesuaian jurnal jadi bagian akhir dalam proses rekonsiliasi terhadap akun kas di buku besar. Laporan bank dapat dikategorikan sudah direkonsiliasikan pada saat penyesuaian saldo kas bank sama dengan penyesuaian saldo kas oleh perusahaan.

Selai itu kalian perlu membaca: “Cara Hitung Bunga Deposito” agar tidak bingung Ketika nanti ditawari program sejenis.

Jadi setelah mengetahui prosedur rekonsiliasi bank, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!