Timnas Indonesia U-20 Uji Coba Lawan Thailand, Indra Sjafri Ingin Mencari Pemain Terbaik

JAKARTA - Timnas Indonesia U-20 akan menjalani laga uji coba kontra Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Jumat, 26 Januari 2024.

Indra Sjafri selaku pelatih menjelaskan bahwa agenda itu merupakan salah satu upaya mencari pemain terbaik menuju Piala Dunia U-20 2025 di Chile.

Agenda uji coba ini merupakan laga perdana yang dilakukan Garuda Muda setelah menjalani rangkaian pemusatan latihan di Qatar sejak Desember 2023. Meski menjadi laga uji coba perdana sepanjang agenda pemusatan latihan, Indra Sjafri menjelaskan bahwa untuk menghadapi Thailand timnya tak melakuan persiapan khusus.

"Persiapan lawan uji coba perdana (Thailand) tidak ada yang khusus. uUji coba ini adalah proses pembentukan Timnas Indonesia U-20," kata Indra Sjafri saat ditemui pada Kamis, 25 Januari 2024, di Stadion Madya, Senayan.

Lebih lanjut, sang pelatih mengatakan selain menjadi upaya mencari pemain terbaik, laga uji coba kontra Thailand ini juga menjadi sarana untuk melihat kemampuan para pemain.

"Fungsi uji coba itu memberikan stimulus kepada para pemain untuk melihat kemampuan pemain. Bagaimana taktikal individu, taktikal grup mereka, dan bagaimana mereka menjalankan taktikal tim yang kami inginkan," tuturnya.

Sebagai laga uji coba perdana, Indra Sjafri bakal total dalam upaya melihat kemampuan tiap pemain. Salah satu hal yang bakal ia lakukan ialah memberikan kesempatan bermain bagi seluruh penggawa Timnas Indonesia U-20.

"Ini (melawan Thailand) uji coba pertama. Langkah pertama tentu kita akan coba semua pemain. Makanya, kita akan melakukan pergantian 12 pemain dengan tiga slot," kata sang pelatih.

Mengingat adanya rencana rotasi pemain, kondisi pemain akan jadi hal yang paling disorot. Soal itu, Indra Sjafri menekankan bahwa sejauh ini pemain dalam keadaan yang baik dan siap tampil.

"Masa baru latihan sudah cedera," ujarnya becanda.

"semua pemain dalam keadaan yang baik dan siap," kata Indra Sjafri.