BYD Bawa Dua Model SUV Gagah Ini ke Eropa demi Saingi Mercedes G-Class dan Land Rover Defender

JAKARTA - BYD, pabrikan mobil asal China, bersiap membuat kejutan dengan meluncurkan SUV yang akan menyaingi beberapa model ternama, seperti Mercedes-Benz G-Class, Land Rover Defender, dan Ford Bronco di wilayah Eropa.

Menurut laporan Automobilwoche, Senin, 22 Januari, perusahaan yang bermarkas di Shenzhen, China, ini sedang mempertimbangkan untuk mengekspor dua modelnya, yakni Yangwang U8 dan Fang Cheng Bao 5 ke benua biru.

BYD disebut akan memamerkan Yangwang U8, SUV mewah berukuran besar saat pergelaran Geneva International Motor Show 2024 yang akan diadakan pada 26 Februari hingga 3 Maret mendatang.

Menurut BYD, Yangwang U8 memiliki kemampuan off-road dan dapat mengapung di air selama setengah jam dengan bobot mencapai 3,5 ton. SUV tersebut memiliki penggerak listrik pada masing-masing rodanya, sehingga memiliki kapabilitas berjalan di segala medan.

Mobil ini memiliki motor listrik yang dapat memproduksi tenaga hingga 882 kW dengan baterai 49 kWh yang memiliki jangkauan dengan listrik murni hingga 1.000 km, sehingga memiliki efisiensi dan jarak tempuh seperti mesin bensin.

Fang Cheng Bao 5

Sementara itu, Fang Cheng Bao 5 merupakan mobil plug-in hybrid (PHEV) yang memiliki tenaga gabungan antara mesin bensin dengan motor listrik mencapai 505 kW. Disebutkan bahwa model tersebut merupakan opsi termurah dibandingkan Ford Bronco maupun Land Rover Defender.

Yangwang U8 diperkirakan akan dibanderol mencapai 140.000 euro atau setara dengan Rp2,3 miliaran serta Fang Cheng Bao 5 dengan harga sekitar 40.000 euro atau Rp681,4 jutaan.

Hal ini juga dapat memuluskan target perusahaan sebagai salah satu dari lima merek teratas di wilayah Eropa berdasarkan penjualan pada 2030 mendatang. BYD saat ini membangun pabrik di benua biru, tepatnya di Hungaria dengan kapasitas awal 200.000 unit per tahun.