4 Langkah Awal Menjadi Seorang Programer, Mulai Berkarier di Industri IT

YOGYAKARTA - Profesi programer menjadi pilihan karier menjanjikan di era masifnya penggunaan platform digital seperti sekarang. Ilmu programer semakin dibutuhkan seiring dengan perkembangan teknologi. Bagi Anda yang tertarik mendalami skill ini, ketahui langkah awal menjadi seorang programer. 

Saat ini semakin banyak anak muda yang berminat dengan profesi programer. Sebab profesi ini memang semakin banyak dibutuhkan di era digital seperti sekarang, baik untuk pembuatan aplikasi, website, data digital, platform online, dan sebagainya. Selain itu, pekerjaan programer juga memiliki bayaran atau gaji yang cukup tinggi. 

Untuk menjadi seorang programer, biasanya orang-orang akan mulai belajar di jurusan kuliah Teknik Informatika. Namun tenang saja bagi yang tidak memiliki background pendidikan tersebut, Anda bisa belajar secara otodidak. Lantas seperti apa langkah awal menjadi seorang programer?

Langkah Awal Menjadi Seorang Programer

Tidak ada kata terlambat bagi Anda yang ingin belajar menjadi seorang programer. Baik Anda yang baru lulus studi atau ingin switch karier, ilmu atau skill programer bisa Anda pelajari secara otodidak. 

Tentunya untuk bisa menjadi seorang programer dari belajar otodidak maka Anda wajib memiliki niat kuat. Pasalnya Anda akan mempelajari bahasa pemrograman yang cukup kompleks dan beragam. Berikut ini panduan belajar programer bagi Anda yang ingin meniti karier di bidang IT:

Menentukan Bidang yang Ingin Dikuasai

Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat akan belajar ilmu programer adalah menentukan bidang yang ingin dikuasai. Perlu Anda tahu bahwa ada beberapa jenis bidang atau kategori programer dengan kebutuhan skill dan penerapan yang berbeda. 

Sejumlah bidang programer yang paling umum, di antaranya yaitu web developer, data scientists, database administrator, mobile app developer, database administrator, dan lainnya. 

Seorang web developer bekerja untuk membuat dan mengembangkan website perusahaan, instansi, maupun keperluan lainnya. Ada dua jenis web developer yaitu front-end dan back-end. Front-end bertugas untuk mendesain tampilan situs web, sedangkan back-end bertanggung jawab mengelola data di balik layar. 

Seorang programer mobile app developer bertanggung jawab dalam mengembangkan aplikasi seluler. Seorang data scientist bekerja di bidang penelitian atau akademisi untuk menganalisis data ilmiah. Sementara database administrator berperan mengumpulkan, mengatur, mengamankan, dan menganalisis data perusahaan. 

Mempelajari Bahasa Pemrograman

Setelah memilih bidang programer yang ingin ditekuni atau digeluti, selanjutnya Anda perlu mempelajari bahasa pemrograman. Setiap bidang programer menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda-beda. 

Misalnya Anda sebagai programer front-end web developer maka perlu mempelajari JavaScript. Jika Anda ingin menjadi data administrator misalnya, maka harus mempelajari SQL. Selain dua hal tersebut, masih ada beberapa jenis bahasa pemrograman yang populer seperti Phyton, Java, Swift, dan lainnya. 

Berlatih Mempraktikan Ilmu Pemrograman

Apabila Anda sudah mendalami bahasa pemrograman, maka sudah saatnya Anda mempraktekkan ilmu yang sudah dipelajari. Percuma jika Anda memahami teori-teori bidang programer namun tidak bisa menerapkannya secara langsung. 

Jadi Anda perlu mencoba mempraktekan langsung ilmu programer pada bidang yang Anda pilih. Tujuan dari praktik ini adalah untuk membuat Anda terbiasa dengan tools atau alur kerja programer dan sebagai evaluasi seberapa jauh Anda menguasainya. 

Bergabung dengan Komunitas Programer

Tips lainnya yang penting Anda lakukan ketika belajar programer adalah bergabung dengan komunitas programer. Untuk mendapatkan motivasi dan pembelajaran lebih intens, Anda perlu join dengan komunitas programer. 

Ketika Anda bergabung di komunitas programer, Anda akan berada di lingkungan yang satu frekuensi. Anda bertemu dan berkumpul bersama orang-orang dengan background keilmuan dan peminatan yang sama di industri IT. Anda bisa belajar secara langsung dengan orang yang lebih ahli dan berpeluang lebih cepat mendapatkan proyek atau pekerjaan. 

Demikianlah langkah awal menjadi seorang programer yang perlu Anda lakukan jika ingin berkarier di industri IT. Ilmu programer bisa dipelajari oleh siapa saja bagi mereka yang berniat menjadi programer. Apalagi saat ini Anda bisa belajar programer dengan mudah secara otodidak dari YouTube, komunitas, atau mengikuti course dan kelas online. Baca juga intel luncurkan chip terbaru mendorong era Chatbot.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.