Spesifikasi Sedan Mewah Yangwang U7 Terungkap, Siap Jadi Saingan Kuat BMW dan Mercedes-Benz

JAKARTA - BYD terus bertransformasi menjadi pemimpin kendaraan listrik di dunia, bahkan belum lama ini mengenalkan produksi ketiga berupa sedan mewah Yangwang U7 yang digadang-gadang bakal jadi pesaing sedan mewah dari Mercedes-Benz dan BMW. 

Diketahui, Yangwang merupakan divisi BYD yang didirikan awal tahun 2023 dikhususkan memproduksi mobil mewah dengan mengedepankan keunggulan desain hingga teknologi modern. 

Sementara spesifikasi dari Yangwang U7 dikutip dari laman CNevpost, Selasa, 16 Januari, mulai terungkap ketika melakukan pengajuan izin di Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Tiongkok (MIIT).

Dalam katalog model terbaru, terdapat dua varian Yangwang U7 yang diizinkan, yaitu model QCJ7000BTBEV1 dan QCJ7000BTBEV2, keduanya merupakan kendaraan listrik baterai (BEV). Kedua varian tersebut memiliki spesifikasi inti yang identik, dengan perbedaan pada panjang hub roda.

Dimensi sedan listrik ini sesuai dokumen memiliki panjang 5.265 mm, lebar 1.998 mm, dan tinggi 1.517 mm, dengan wheelbase mencapai 3.160 mm. Bobot kendaraan ini mencapai 3.095 kilogram, dan memiliki kecepatan tertinggi hingga 270 kilometer per jam.

BYD menyatakan bahwa Yangwang U7 ditenagai oleh empat motor sinkron magnet permanen, masing-masing dengan daya puncak 240 kW. Baterainya menggunakan teknologi lithium iron phosphate (LFP) yang diproduksi oleh divisi baterai BYD, FinDreams, dan diharapkan menjadi baterai blade khas BYD.

Beberapa fitur lainnya meliputi sunroof panoramik standar, power spoiler, roof LiDAR, dan opsi perlengkapan seperti kaca spion digital. Meskipun masih terbatas informasi yang tersedia, BYD mengklaim bahwa model ini akan menjadi sedan andalan dalam era energi baru, dengan harga sekitar 1 juta yuan atau sekitar Rp2,1 miliar, dan tenaga lebih dari 1.000 hp.

Kehadiran sedan mewah ini patut dinantikan, sebagai pesaing serius bagi merek Eropa yang telah lama memukau pencinta sedan.