10 Cara Menggunakan Daun Rosemary untuk Menyehatkan Rambut

JAKARTA - Sebagai tanaman, rosemary dikenal dapat membuat rasa makanan jadi lebih enak. Namun ternyata, rosemary juga memiliki kekuatan rahasia, yaitu memperbaiki rambut dari kerusakan. Anda bisa menggunakan tanaman ini tidak hanya untuk makanan tetapi juga perawatan diri.

Mari lihat sepuluh cara mudah menggunakan rosemary untuk mendapatkan rambut indah, dilansir dari Times of India, Selasa, 16 Januari.

Ramuan Minyak Rosemary

Minyak rosemary dapat memberikan manfaat luar biasa pada rambut Anda. Ada banyak hal baik di dalamnya yang membuat rambut tumbuh dan mencegahnya rontok. Anda bisa merasakan perbedaannya setelah mengaplikasikan beberapa tetes minyak rosemary pada rambut secara rutin sebelum keramas.

Shampoo Rosemary

Shampoo rosemary juga punya khasiat serupa dengan minyaknya. Agar kerja shampoo jadi lebih efektif, Anda bisa menambahkan lima hingga delapan tetes minyak rosemary pada shampoo sebelum keramas. Hack ini akan menjadikan rambut tampak lebih mengembang. Plus, sebagai pelindung alami kulit kepala.

Campuran Minyak Rosemary dengan Minyak Lain

Untuk massage rambut terbaik, Anda bisa campurkan minyak rosemary dengan minyak lain seperti virgin coconut oil dan chamomile. Rambut Anda akan terlihat lebih sehat sebab minyak alami ini punya manfaat baik bagi rambut.

Teh Rosemary untuk Membilas Rambut

Teh punya manfaat baik bagi rambut Anda. Anda bisa membuat teh rosemary lalu gunakan airnya untuk membilas rambut setelah keramas. Sensasi kulit kepala yang segar serta rambut yang lebih bersih bisa langsung Anda rasakan.

Rutin Minum Teh Rosemary

Tidak hanya punya efek menenangkan bagi tubuh, ternyata minum teh rosemary juga berkhasiat buat rambut. Teh rosemary bisa membuat rambut Anda lebih halus dan juga bersinar karena peredaran darah ke kepala lebih lancar.

Membuat Rambut Tumbuh Lebih Cepat

Minyak rosemary sangat bagus bagi pertumbuhan rambut. Ini membuat darah mengalir lebih cepat ke kepala, sehingga menghentikan rambut rontok dan bahkan mencegah uban dini pada rambut. 

Campuran Air dan Daun Rosemary untuk membantu pertumbuhan rambut

Sebuah penelitian menemukan bahwa air rosemary bekerja hampir sama baiknya dengan obat rambut rontok. Rajin membilas rambut dengan air rosemary dapat membantu rambut Anda tumbuh dengan cara yang sehat.

Rosemary juga Baik bagi Otak

Selain punya manfaat untuk rambut, rupanya tanaman satu ini juga punya khasiat khusus bagi otak. Daun rosemary dapat menjaga kesehatan otak dan mendukung daya ingat Anda. Pun, menjadikan mood Anda lebih stabil dengan efek menenangkan yang terkandung didalamnya.

Masker Rambut dengan Rosemary

Rawat rambut dengan DIY masker. Gunakan Madu atau yogurt yang dicampur dengan minyak rosemary. Kemudian, oleskan ke rambut. Setelah beberapa saat, bilas. Ini akan membuat rambut Anda lebih bersinar.

Tonik Rambut dengan Rosemary

Cuka sederhana bisa diubah menjadi produk rambut khusus. Rendam sari cuka apel dengan daun rosemary segar selama seminggu. Kemudian saring dan gunakan sebagai air bilasan terakhir setelah keramas. Ini membantu menjaga kulit Anda tetap sehat.