Atap Panoramik Renault Solarbay: Nikmati Panorama dan Privasi Sekaligus

JAKARTA - Renault Scenic E-Tech dirilis secara global pada bulan September 2023 dan mobil ini kini menjadi satu dari 7 finalis Car of the Year 2024 yang akan diumumkan pemenangnya pada 26 Februari mendatang saat pameran Geneva Motor show.

SUV ini menggunakan platform CMF-EV, yang sama dengan yang digunakan oleh Renault Megane E-Tech dan Nissan Ariya. 

Namun salah satu keunggulan mobil ini yang jarang dibahas adalah hadir dengan fitur atap panoramik inovatif bernama Solarbay. Teknologi ini memungkinkan penumpang untuk mengatur tingkat kegelapan kaca untuk masing-masing baris, cukup dengan sentuhan tombol atau perintah suara melalui Google Assistant.

Dengan Solarbay, semua penumpang dapat menikmati pemandangan langit luas dari dalam mobil tanpa harus khawatir kepanasan atau terganggu oleh pandangan orang luar. Misalnya, saat hari panas di pantai, dapat membuat kaca di baris kedua jadi buram agar anak-anak tidak kepanasan, sementara di baris depan tetap menikmati sinar matahari.

Selain itu, Solarbay juga memiliki tampilan yang menawan. Saat mengaktifkan mode buram, efeknya bak gelombang yang mengalir melalui sembilan segmen kaca.

Fitur ini juga praktis dan penuh perhatian. Saat mesin dimatikan dan diparkir, kaca secara otomatis meredup untuk meningkatkan keamanan dan meminimalkan panas. Pengaturan terakhir Anda juga akan diingat, sehingga tak perlu repot mengatur ulang setiap kali menyalakan mesin.

Dilansir dari Carmagazine, 15 Januari, yang telah menguji atap ini dan cukup terkesan dengan responsivitasnya terhadap perintah. Teknologi bernama AmpliSky ini memanfaatkan lapisan polimer kristal cair (PDLC) yang bereaksi terhadap arus listrik, mengubah tingkat kegelapan kaca panel demi panel.

Atap kaca ini juga lebih ringan 8 kg dan 50% materialnya terbuat dari limbah kaca otomotif. Artinya, Solarbay merupakan fitur yang ramah lingkungan.

Dengan teknologi canggih, kemudahan pengaturan, dan desain menawan, fitur ini diprediksi akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta otomotif yang mengutamakan pengalaman berkendara yang berkesan.

Untuk pasar Inggris, Renault Scenic E-Tech dibanderol mulai 40.995 poundsterling atau setara Rp810 jutaan.