Melihat Tren Modifikasi Mobil 2024: Gaya Mobil Listrik, Audio, hingga LED Matrix

YOGYAKARTA - Tren modifikasi mobil selalu mengalami perubahan dan perkembangan setiap tahunnya. Model modifikasinya pun bisa beragam, mulai dari segi bodi, audio, lampu, pelek, dan lainnya. Bagi pecinta otomotif, penting untuk melihat tren modifikasi mobil 2024.

Tren modifikasi mobil memiliki eranya masing-masing yang bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Pada tahun 2020-2022 misalnya, tren modifikasi lebih mengarah pada gaya yang lebih simpel dan mengutamakan fungsionalitas. Tren ini tidak terlepas dari pandemi Covid-19 yang turut mempengaruhi gaya hidup masyarakat Indonesia. 

Tahun 2023, tren modifikasi mulai kembali eksploratif atau lebih atraktif. Pasca pandemi mereda menjadi era pemasaran bagi para modifikator. Banyak pecinta modifikasi yang mendandani mobilnya secara masif dari berbagai komponennya. Lantas seperti apa tren modifikasi mobil tahun 2024 yang bisa diikuti?

Tren Modifikasi Mobil Tahun 2024

Setelah menahan atau mengerem gaya modifikasi mobil yang jor-joran, memasuki tahun 2024 tren modifikasi mulai menerapkan perubahan yang masif. Mulai banyak pelaku modifikasi yang mempercantik mobilnya dengan pelek, camber, fitment extrem, hingga wide body. 

Sejumlah ahli modifikasi menilai bahwa tren modifikasi tahun 2024 bakal mengarah pada modifikasi mobil listrik atau electric vehicle. Prediksi tren tersebut melihat dari sejumlah pabrikan otomotif yang mengeluarkan mobil listrik dengan harga cukup terjangkau. Sudah banyak masyarakat Indonesia yang membeli dan memiliki mobil listrik. 

Jadi tren modifikasi mobil listrik diperkirakan bakal makin meningkat pada tahun ini. Selain harganya terjangkau yang membuat banyak diminati, saat ini juga semakin beragam tipe-tipe mobil listrik yang ditawarkan. Terbentuknya peminatan mobil listrik ini membuat anak-anak muda ikut melirik mobil EV.

Para modifikator muda bakal tertarik untuk memberi sentuhan modifikasi pada mobil listrik karena adanya sejumlah kelebihan dari jenis mobil ini. Mobil listrik bebas ganjil genap dan lebih irit karena tidak memakai bahan bakar minyak (BBM). 

Diprediksi modifikasi mobil listrik bakal banyak yang bermain di sektor interior dan eksterior saja. Sebab jika ingin melakukan perubahan atau tambahan pada bagian dinamo dan baterai, hal itu sedikit riskan dan bisa membuat garansi mobil hilang. 

Tren Modifikasi Audio Mobil 2024

Audio mobil termasuk salah satu elemen yang seksi untuk menjadi objek modifikasi. Tren modifikasi audio mobil juga terus mengalami perubahan dan penyesuaian. Diprediksi modifikasi audio pada tahun 2024 akan mulai fokus pada OEM look. 

Untuk optimalisasi audio mobil OEM look dasarnya dari perangkat prosesor sebagai perangkat tuning suara. Prosesor awalnya difungsikan untuk mengatur penyesuaian sejumlah parameter frekuensi suara per speaker. Hal ini menghasilkan suara speaker yang terdengar lebih jernih dan bersih. 

Namun pada proses posisi suara pengaturan prosesor hanya bisa pada satu titik, yakni biasanya di driver seat saja. Setiap speaker harus dapat difokuskan di satu titik agar suara yang dihasilkan bisa optimal. 

Tren Modifikasi Lampu Mobil Tahun 2024

Selain audio, elemen pada mobil yang juga sering menjadi objek modifikasi adalah lampu. Tren modifikasi lampu mobil diprediksi masih akan mempertahankan sentuhan seperti tahun 2023. Genre variasi lampu lazy eyes dinilai masih akan tetap banyak diminati. 

Meski tren modifikasi lampu masih senada dengan tahu sebelumnya, namun tahun ini lebih ke desain saja yang lebih mengarah lazy eyes yang futuristik. Selain itu, pencahayaan ke projector biled bakal lebih terang lagi sehingga dapat diandalkan untuk menghadapi kondisi hujan dan berkabut. 

Untuk DRL dan stoplamp, modifikasi pada tahun ini lebih mengarah pada LED Matrix. Dengan catatan bahwa lampu itu hanya dipakai untuk kontes atau show car saja. Selain itu, mini projie dan matrix juga banyak digemari di pasaran. 

Demikianlah ulasan mengenai tren modifikasi mobil 2024 yang perlu diketahui pecinta otomotif. Diprediksi bahwa penerapan modifikasi mobil pada tahun ini akan lebih eksploratif dibanding tahun-tahun sebelumnya saat pandemi. Baca juga aturan modifikasi kendaraan yang tidak melanggar hukum. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.