Absen di Piala FA, Ternyata Christopher Nkunku Kembali Cedera

JAKARTA - Christopher Nkunku sejatinya sudah kembali tampil bersama Chelsea selepas sembuh dari cedera lutut pada 15 Desember 2023. Dia sudah absen sejak 4 Agustus 2023.

Nkunku tampil dalam empat laga Chelsea di semua ajang setelah pulih. Bahkan, dia sudah menyumbang satu gol saat Chelsea kalah dari Wolverhampton Wanderers 1-2.

Hanya saja, tubuh pemain asal Perancis itu kembali bermasalah menjelang Chelsea tampil di Piala FA melawan Preston Notrh End, Minggu, 7 Januari 2024.

Chelsea mengonfirmasi Nkunku punya masalahnya di pinggulnya sehingga harus absen di putaran ketiga Piala FA 2023/2024 tersebut. Meski begitu, Si Biru bisa menang empat gol tanpa balas di laga itu melalui gol Armando Broja, Thiago Silva, Raheem Sterling, dan Enzo Fernandez.

Nkunku punya kans tidak bisa dipaksakan tampil karena bisa mengalami kerugian besar jika bertanding pada Januari ini.

"Dia tidak terlibat karena dia menderita masalah di pinggulnya setelah latihan. Kami perlu melihat apakah dia bisa siap untuk beberapa pertandingan berikutnya," kata Mauricio Pochettino, Manajer Chelsea, di ESPN.

Kondisi itu lumayan membuat pusing Pochettino. Penyerang 26 tahun tersebut tampaknya absen sepanjang Januari 2024.

Masalahnya, Chelsea dihadapkan agenda penting melawan Middlesbrough di leg pertama semifinal Piala Carabao pada Selasa (9/1/2024) sebelum melakoni West London Derby kontra Fulham pada Sabtu (13/1/2024).

Mereka kemudian menghadapi Middlesbrough di Stamford Bridge pada 23 Januari 2024. Pada akhir pekannya, Chelsea harus memainkan pertandingan putaran keempat Piala FA. Laga terakhir Januari juga berat ketika Si Biru harus bertandang ke Liverpool pada 31 Januari 2024.

Pochettino tentu sedang panas-dingin. Selain kehilangan Nkunku, dia juga tak bakal diperkuat 11 bintang tim utama, termasuk Wesley Fofana dan Reece James, plus Nicolas Jackson.

Sementara itu, Christopher Nkunku memang mengalami masa sulit sejak pindah ke Chelsea dari RB Leipzig pada awal musim ini.

Pemain yang ditebus dengan harga 52 juta poundsterling itu langsung menderita cedera lutut parah pada pramusim sehingga memerlukan operasi dan membuatnya absen hingga Desember 2023.

Hal itu menunda debutnya hingga akhirnya bermain di Piala Carabao saat Chelsea menang melawan Newcastle. Saat itu, Nkunkun masuk dari bangku cadangan selama 21 menit terakhir.

Kemudian, dia tampil dalam tiga laga Chelsea di Liga Inggris 2023/2024.

Namun, cedera yang datang kembali membuat Nkunku mengalami kemunduran dalam kariernya. Padahal, dia didatangkan untuk menambah daya gedor buat Si Biru.

Saat tampil di RB Leipzig, dia sudah mengemas 58 gol selama dua musim terakhir.