Microsoft Ganti Tombol Windows dengan Kunci Copilot di PC Windows 11

 

JAKARTA – Microsoft berencana menambahkan kunci Copilot ke seluruh keyboard PC Windows. Kunci ini akan menggantikan tombol Windows yang telah digunakan selama hampir tiga dekade.

Dengan menambahkan kunci Copilot di keyboard PC Windows, Microsoft ingin menghadirkan komputasi yang lebih cerdas dan lebih mulus dengan dukungan Kecerdasan Buatan (AI). Kunci ini diyakini mampu menyederhanakan pengalaman komputasi bagi pengguna.

“Pengenalan tombol Copilot menandai perubahan signifikan pertama pada keyboard PC Windows dalam hampir tiga dekade. Kami yakin hal ini akan memberdayakan masyarakat untuk berpartisipasi dalam transformasi AI dengan lebih mudah,” kata Kepala Pemasaran Konsumen Microsoft, Yusuf Mehdi.

Kunci Copilot ini akan menggantikan tombol Windows di samping tombol Alt, tepatnya di bagian kanan keyboard. Ketika tombol ini ditekan, perangkat akan meluncurkan Windows Copilot dalam bentuk chatbot seperti ChatGPT.

Untuk saat ini, kunci Copilot hanya berfungsi sebagai tombol peluncuran aplikasi atau pintasan fitur. Belum diketahui apakah tombol ini bisa digunakan bersama dengan tombol lainnya di masa mendatang.

“Kami melihat ini (perubahan tombol Windows menjadi kunci Copilot) sebagai momen transformatif lainnya dalam perjalanan kami dengan Windows di mana Copilot akan menjadi titik masuk ke dunia AI di PC,” ujar Mehdi.

PC Windows yang menggunakan kunci Copilot akan dipamerkan di acara internasional tahunan Customer Electronics Show (CES) 2024. Acara ini akan digelar di Las Vegas selama enam hari, mulai tanggal 9 hingga 12 Januari.

Setelah dipamerkan, PC Windows 11 dengan kunci Copilot akan mulai dijual oleh berbagai mitra Microsoft. Mehdi mengatakan bahwa perangkat akan tersedia pada akhir Februari hingga musim semi yang akan datang.