Peresmikan Pengoperasian SATRIA-1 dan BTS 4G Oleh Jokowi Bisa Disaksikan Lewat Link Streaming Ini

JAKARTA - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan meresmikan pengoperasian Stasiun Bumi Satelit Republik Indonesia (SATRIA)-1 dan Proyek Base Transceiver Station (BTS) 4G hari ini. Siaran langsung peresmian proyek ini bisa dilakukan melalui laman Youtube Kemenkominfo.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menyatakan Stasiun Bumi SATRIA-1 yang akan diresmikan berada di Desa Matungkas, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Sedangkan untuk BTS 4G itu berada di Desa Bowombaru Utara, Kecamatan Melonguane Timur, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Peresmian BTS 4G ini akan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, ditandai dengan hubungan video jarak jauh di berbagai titik dengan Presiden RI Joko Widodo.

Lebih lanjut, Budi menyebutkan bahwa pembangunan BTS 4G ini merupakan langkah nyata Kominfo guna mempercepat transformasi digital di Indonesia, serta mewujudkan pemerataan konektivitas, khususnya di wilayah tertinggal, terdepan, terluar (3T).

Di sisi lain, Direktur Utama BAKTI Kementerian Kominfo Fadhilah Mathar menjelaskan telah berhasil merampungkan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Wilayah Pelayanan Universal Telekomunikasi dan Informasi (WPUTI).

BAKTI Kementerian Kominfo juga telah membangun 11 stasiun bumi di Manado, Manokwari, Timika, Jayapura, Pontianak, Kupang, Ambon, Banjarmasin, Tarakan, Cikarang, dan Batam. Stasiun bumi ini nantinya akan mendukung operasional SATRIA-1 secara terintegrasi.

“Dengan beroperasinya BTS 4G di berbagai wilayah serta adanya SATRIA-1 yang didukung sejumlah stasiun bumi, kami berharap saudara-saudara kita yang berada di daerah 3T mendapat akses digital secara optimal,” ungkap Fadhilah.

Peresmian pengoperasian BTS 4G dan SATRIA-1 oleh Presiden Joko Widodo bisa disaksikan langsung secara online melalui saluran YouTube Kemenkominfo TB.

>