Selesai Tahap Pengujian Truk Hidrogen, Daimler Truck Fokus Bangun Armada Truk GenH2 Pertama untuk Uji Coba Pelanggan

JAKARTA - Daimler Truck memasuki tahap perkembangan berikutnya dalam visinya mengurangi karbonisasi transportasi melalui pemanfaatan truk bertenaga hidrogen.

Setelah tahap pengujian yang ketat di jalur uji coba dan di jalan umum, pengembangan truk GenH2 dengan sel bahan bakar hidrogen ini telah mencapai tahap berikutnya untuk pertama kalinya digunakan secara langsung oleh pelanggan.

Saat ini Daimler Truck tengah melanjutkan dengan membangun armada uji coba pertama untuk pelanggan Mercedes-Benz GenH2 Trucks. Diharapkan mulai pertengahan tahun 2024, perusahaan Amazon, Air Products, INEOS, Holcim, dan Wiedmann & Winz akan mengambil bagian dalam uji coba pelanggan untuk pertama kalinya, sehingga perusahaan-perusahaan ini berkesempatan mengalami pengalaman awal dalam transportasi jarak jauh bebas CO2 dengan truk sel bahan bakar.

"Dengan armada pertama ditujukan khusus pada pelanggan ini, truk dengan sel bahan bakar kami melalui proses pengujian yang sesungguhnya oleh pelanggan secara langsung di lapangan. Pengujian ini otomatis akan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak," ungkap Andreas Gorbach, Member of the Board of Management Daimler Truck AG, dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu, 27 Desember.

Lebih lanjut ia mengatakan, para pelanggan dapat mengenal teknologi sel bahan bakar dalam operasi kehidupan nyata sehari-hari, dan tim teknik perusahaan dapat lebih memahami kebutuhan pelanggan dan kasus penggunaan yang relevan secara langsung.

"Hal ini jelas penting untuk kami dalam tujuannya untuk pengembangan seri ke depan," tambahnya.

Truk hidrogen ini akan langsung digunakan pada penerapan jarak jauh melalui rute-rute tertentu di Jerman, seperti pengangkutan bahan bangunan, kontainer laut atau gas silinder.

Selama uji coba pertama ini, truk GenH2 tetap berada di bawah pengawasan dan tanggung jawab langsung Mercedes-Benz Trucks. Kendaraan akan diisi bahan bakar di stasiun pengisian hidrogen cair umum (sLH2) yang ditunjuk di Wörth am Rhein dan di daerah Duisburg.

Daimler Truck dan perusahaan mitranya dengan ini mengawali terciptanya proyek transportasi tanpa karbon dengan truk bertenaga hidrogen, untuk membuktikan bahwa pembuktian visi mengurangi karbonisasi transportasi sudah dimungkinkan saat ini.

Tentu saja, pembangunan infrastruktur pengisian bahan bakar internasional dan pasokan hidrogen cair ramah lingkungan yang memadai dibutuhkan supaya transformasi ini berhasil dicapai di tahun-tahun kedepannya.