Liverpool Pimpin Liga Inggris, Virgil van Dijk: Belum Saatnya Bicara Titel Juara

JAKARTA - Liverpool kembali memimpin klasemen Liga Inggris 2023/2024 setelah mengalahkan Burnley 2-0 di laga Boxing Day. Meski demikian, kapten Virgil van Dijk menolak bila Liverpool menjadi favorit meraih titel liga.

Liverpool kembali ke trek dengan meraih tiga poin saat melakoni laga tandang di Stadion Turf Moor, Rabu, 27 Desember 2023, dini hari WIB.

Liverpool unggul lewat gol dari Darwin Nunez dan Diogo Jota. Sedangkan gol Harvey Elliot dianulir karena rekannya, Mohamed Salah, dalam posisi offside.

Kemenangan atas Burnley mengantarkan Liverpool ke puncak klasemen dengan memiliki 42 poin. Unggul dua poin dari Arsenal yang turun ke peringkat dua.

Liverpool sesungguhnya bisa saja lengser dari posisi puncak bila Aston Villa mengalahkan Manchester United di Old Trafford beberapa jam kemudian.

Skenario itu sempat berjalan mulus saat The Villans unggul 2-0. Namun, MU berhasil bangkit untuk membalikkan keadaan dan menang 3-2. Villa pun gagal menuntaskan misi kudeta.  

Setelah berhasil kembali ke puncak, Liverpool mulai disebut sebagai favorit juara. Namun, Van Dijk menolak bila The Pool menjadi favorit. 

Pasalnya, persaingan sangat ketat dan kompetisi masih panjang menjadikan Liverpool belum pasti juara. Bahkan sampai menjelang pergantian tahun, The Reds belum bisa menjauh dari kejaran pesaingnya.

"Ini masih Desember dan kami belum unggul jauh," kata Van Dijk menanggapi peluang juara Liverpool.

"Untuk saat ini, kami ingin menghabiskan waktu bersama keluarga dan kemudian fokus melawan Newcastle United. Selanjutnya, kita lihat saja di mana posisi kami pada Mei," ujarnya.

Posisi Liverpool di puncak pun tetap tak aman. Setelah Villa gagal, ancaman berikutnya datang dari Arsenal yang baru bertanding pada Sabtu, 29 Desember 2023, dini hari WIB.

Bila menang melawan West Ham United dalam London Derby di Emirates, Liverpool sudah pasti kembali turun peringkat.

Meski demikian, Van Dijk mengaku puas bisa memenangi pertandingan pada festive season (festival hari raya), terutama di laga Boxing Day.

Menurut dia, kemenangan Liverpool bukan faktor keberuntungan, tetapi mereka harus bekerja keras meraihnya karena Burnley memberi perlawanan sangat ketat.

"Saya senang dengan hasil dari pertandingan terakhir tahun ini. Penting bagi kami meraih tiga poin di laga ini. Apalagi, kami menjalani laga dengan intensitas tinggi. Menurut saya, kami bermain baik kali ini," ucap dia.

"Situasi sempat tak terkendali saat gol kedua kami dianulir. Namun, kami akhirnya kembali pada performa semula," kata bek tengah Timnas Belanda ini.

"Kemenangan ini bukan karena keberuntungan. Mereka (Burnley) bermain dengan kepercayaan diri yang kuat. Jadi, kami harus tampil lebih baik untuk menang," tutur dia. 

Van Dijk merasa puas dengan hasil di kandang lawan setelah memetik hasil imbang melawan MU (0-0) dan Arsenal (1-1). Mereka akhirnya bangkit sehingga bisa merebut posisi puncak.