Agar Menyenangkan, Begini Cara Menikmati Momen Bersama Keluarga dan Kerabat Dekat

YOGYAKARTA – Liburan akhir tahun merupakan momen bermakna dan banyak keluarga menghabiskan waktu bersama kerabat dekat. Bagi yang merencanakan berkumpul bersama keluarga besar, tentu khawatir menghadapi suasana canggung apalagi terdapat gap usia antara yang tua dan masih belia pun kanak-kanak. Nah, untuk mengantisipasi suasana canggung, bisa melakukan cara menikmati momen bersama keluarga dan kerabat dekat agar menyenangkan seperti berikut ini.

1. Sepenuhnya hadir

Kadang saat berkumpul bersama keluarga, seseorang tak sepenuhnya hadir. Misalnya masih membawa pekerjaan pada masa liburannya sehingga sedikit mengabaikan momen bersama. Menurut Caroline Maguire, M.Ed., penulis Why Will No One Play With Me?: The Play Better Plan To Help Children of All Ages Make Friends and Thrive, pastikan Anda hadir sepenuhnya. Ini dilakukan supaya waktu yang dihabiskan bersama bisa dinikmati dan bermakna. Letakkan gawai dan pekerjaan Anda, dan tetap berada di tengah kehangatan keluarga.

Ilustrasi cara menikmati momen bersama keluarga (Freepik)

2. Rencanakan aktivitas bersama

Misalnya dengan berkumpul di satu ruangan, ini mendorong koneksi satu sama lain terbangun. Tetapi daripada memaksakan seluruh keluarga bercakap-cakap, Maguire menyarankan untuk merencanakan lebih banyak aktivitas langsung. Misalnya, karena dalam suasana Natal, bisa membuat aktivitas membuat rumah roti jahe. Bisa juga mendiskusikan dan merencanakan bersama untuk membuat aktivitas bersama.

3. Menjalankan tradisi keluarga

Pertemuan keluarga juga bisa tegang karena banyak perpecahan di sekitar kita, kata Maguire. Untuk mengatasi ketegangan dan perbedaan, saran Maguire dilansir mbgrelationship, Senin, 25 Desember, penting untuk menjalankan tradisi keluarga. Jika Anda tidak mempunyai tradisi keluarga, Anda bisa memulainya.

4. Upayakan menjembatani kesenjangan generasi

Cerita tentang masa lalu merupakan bagian terbaik ketika bertemu bersama keluarga dan kerabat dekat. Hal-hal dalam cerita tidak hanya dapat menjadi pembelajaran, tetapi juga cara menjembatani kesenjangan antara yang tua dan muda. Ini juga membuka kesempatan setiap generasi saling berinteraksi dengan cara yang bermakna. Saran Maguire, orang tua harus bertanya dari sudut pandang generasi yang lebih muda. Misalnya tentang hal favorit, siapa saja teman-temannya, siapa idolanya, hingga kenangan apa yang dimiliki tentang nenek atau kakek.

5. Berjalan-jalan menyusuri jalan kenangan

Momen menyenangkan bisa terbangun dengan berjalan-jalan menyusuri jalan kenangan. Bisa bepergian bersama keluarga dengan membawa foto lama atau dokumentasi yang dimiliki. Atau bisa juga di rumah saja tetapi membuka-buka album foto lama serta menceritakan kisah di dalamnya. Momen ini akan sangat berharga dan membangun kehangatan bersama keluarga besar.

Selain cara menikmati momen bersama keluarga dan kerabat dekat yang dijelaskan di atas, apakah keluarga Anda memiliki tips lainnya?