Pusat Perbelanjaan Pasang Target 10 Persen Pengunjung di Musim Liburan

JAKARTA – Perayaan Natal 2023 dan libur Tahun Baru 2024 menjadi momen penting bagi sejumlah pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta Barat, yakni Neo Soho, Central Park, dan Mall Ciputra untuk menargetkan kenaikan pengunjung setidaknya 10 persen.

Humas Central Park dan Neo Soho Mall Nadya Arriana, sebagaimana dikutip dari ANTARA, Minggu, 24 Desember, mengatakan target peningkatan pengunjung sebanyak 10 hingga 20 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Hal senada juga disampaikan humas Mall Ciputra Rida Kusrida yang mengatakan target sengaja tidak ditetapkan terlampau tinggi mengingat masih dalam pemulihan ekonomi dari pandemi.

"Kami menargetkan kenaikan tidak terlalu banyak karena kondisi juga kita sekarang baru pulih semuanya setelah pandemi. Jadi, kami menargetkan naik 10-50 persen saja kami sudah sangat senang gitu," ujar Rida.

Menurut Rida, event Natal yang diadakan Mall Ciputra mulai 8 Desember sejauh ini telah menarik antusiasme pengunjung, dengan adanya snow playground yang dilengkapi dengan snowfall di area atrium yang dinamai center court.

"Antusiasmenya sangat bagus, dilihat dari jumlah pengunjung, baik secara keseluruhan mall, baik juga yang menikmati suguhan event yang ada di center court," kata Rida.

"Karena selain event Natal, perayaan Natal, tapi juga ada tahun baru dan ada liburan panjang, jadi memang kebanyakan aktivitas mereka jadinya main ke mall." sambungnya.

Program dan aktivitas yang dihadirkan pengelola mal tersebut dimanfaatkan oleh tenant untuk meraup omzet saat libur Natal dan Tahun Baru.

Rida mengatakan tidak sedikit tenant juga memanfaatkan momen dan program pengelola mal tersebut dengan mengadakan promo, salah satunya potongan harga, untuk menarik para pengunjung.

"Kita sebagai pengelola mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya yang diharapkan dapat juga dicicipi sama tenant-tenant. Jadi, kami mengimbau ke tenant-tenant supaya memanfaatkan momen yang baik ini untuk pengunjung bisa datang ke toko masing-masing," kata Rida.

Terlebih, menurut Rida, puncak pengunjung diprediksi akan terjadi pada hari Natal, Senin (25/12). Diketahui dari tinjauan tahun-tahun sebelumnya, pengunjung Mall Ciputra biasanya berasal dari gereja yang berada di sebelah pusat perbelanjaan tersebut.

Tidak hanya itu, Mall Ciputra juga "kecipratan" pengunjung dari tamu Hotel Ciputra yang berada persis di sebelahnya.

"Biasanya ramai di Natal-nya. Mereka biasanya setelah gereja atau bisa juga gereja dari luar, mereka biasanya mengunjungi resto-resto yang ada di mall untuk makan bersama keluarga, lalu mereka anak-anaknya bermain bersama," ujar Rida.