Profil Liviana Cherlisa: Alumni Miss Indonesia yang Jadi Moderator Debat Cawapres

JAKARTA - Debat kandidat Pilpres 2024 untuk calon wakil presiden atau Cawapres akan digelar pada hari ini, Jumat, 22 Desember di Jakarta Convetion Center (JCC). Debat ini akan dipandu oleh Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa sebagai moderator.

Pada debat putaran kedua ini, para cawapres akan berbicara soal ekonomi digital, kerakyatan, keuangan, perdagangan, investasi pajak, infrastruktur dan perkotaan. Debat itu akan berjalan selama 120 menit yang dipandu oleh kedua moderator.

Simak profil Liviana Cherlisa yang menjadi salah satu moderator dalam debat cawapres:

Liviana Cherlisa adalah jurnalis yang lahir di Jakarta pada 9 Desember 1989. Liviana sempat mengikuti ajang Miss Indonesia pada tahun 2009 dan mewakili Maluku Utara yang merupakan tempat kelahiran ayahnya.

Liviana kemudian melanjutkan pendidikan untuk jurusan S1 Jurnalisme Penyiaran di Universitas Al-Azhar dan lulus pada tahun 2011.

Kemudian, ia memulai kariernya sebagai jurnalis melalui pembawa berita di MNC TV. Pada tahun 2012, ia menjadi pembawa berita di Kompas TV hingga sekarang menjadi produser berita di stasiun televisi yang sama.

Liviana Cherlisa berpengalaman dalam memoderatori debat. Ia ditunjuk sebagai moderator pertama kali pada Pilkada 2020.

Ia juga memandu debat publik sebanyak enam kali dmulai dari debat publik Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Halmahera Utara, debat publik Pilbup Minahasa Selatan.

Dilanjutkan dengan debat publik Pilgub Sulawesi Utara, debat publik Pilbup Toraja Utara, debat publik Pilbup Luwu Utara dan debat publik Pilbup Luwu Timur.

Liviana akan memandu debat Cawapres 2024 untuk pertama kali yang bisa disaksikan pada hari ini, Jumat, 22 Desember.