Nissan Siapkan Lima Model Baru di India, Salah Satunya Magnite Facelift

JAKARTA - Tahun 2023 menjadi periode produktif bagi pabrikan otomotif, namun beberapa merek telah beralih fokus ke persiapan produk tahun 2024, termasuk Nissan.

Pabrikan asal Jepang ini berencana meluncurkan lima model terbaru untuk pasar India dan negara berkembang lainnya pada tahun depan, seperti dilaporkan Autocar India, Senin, 18 Desember.

Salah satunya adalah versi facelift dari Nissan Magnite, yang diharapkan mendapatkan penyegaran pada tahun 2024. Nissan juga berencana memperkenalkan Magnite setir kiri, artinya membuka peluang pasar ekspor baru untuk SUV kompak tersebut.

Selain itu, pabrikan ini juga akan menghadirkan SUV berukuran sedang yang kemungkinan didasarkan pada model Renault Duster. SUV berbasis platform CMF-B baru ini akan dibangun bersama dengan Duster generasi berikutnya di Chennai dan diharapkan diekspor ke beberapa pasar internasional.

Sementara itu, Nissan berencana untuk memperkenalkan model SUV lainnya, yakni utilitas tiga baris berdasarkan model Renault Bigster. Mobil ini diperkirakan akan diluncurkan setelah SUV kembaran dari Renault Duster.

Tahun 2024 juga akan menjadi saat kelahiran MPV kompak tiga baris dari Nissan, yang merupakan saudara dari Triber. Dirakit di Chennai, India, MPV ini akan menjadi model entry-level dan diharapkan memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan Suzuki Ertiga atau Kia Carens.

Selain itu, sebuah hatchback EV berdasarkan platform CMF-AEV terbaru akan hadir di pasar India pada tahun depan. Nissan dan Renault akan mengembangkan model ini sebagai produk global.

Terakhir, model X-Trail generasi terbaru dikabarkan sedang diuji coba di India dan kemungkinan merupakan produk completely build-up (CBU). Meskipun demikian, informasi detail mengenai SUV tangguh ini masih belum jelas.