Survei: 87 Persen Konsumen Menggunakan Kripto sebagai Opsi Pembayaran

JAKARTA - Survei global baru “The Super Sale Game: who’s the winner? A study on how we shop and pay,” yang dilakukan oleh Arlington Research untuk Kaspersky, mengeksplorasi pandangan dan sikap konsumen terhadap aset kripto.

Studi ini juga menemukan bahwa hampir separuh konsumen percaya bila aset kripto menentukan masa depan dalam aktivitas berbelanja dan akan dengan senang hati menggunakannya sebagai opsi pembayaran sehari-hari.

Lebih lanjut, survei global ini juga menunjukkan bahwa terdapat tingkat kesadaran yang sangat tinggi tentang aset kripto, di mana 92 persen responden mengaku pernah mendengarnya, dan 50 persen menyatakan bahwa mereka telah mendengarnya, dan memahami apa itu. 

Kaspersky menemukan, pengetahuan konsumen tentang aset kripto dan kepercayaan mereka terhadapnya telah meningkat. Lebih dari separuh responden dalam survei (55 persen) menyatakan bahwa mereka ‘sangat’ atau ‘sangat berpengetahuan mendalam’ tentang mata uang digital. 

Berdasarkan hasil penelitian, hampir separuh responden percaya bahwa pembayaran kripto akan menjadi pilihan umum untuk belanja online (44 persen), dan 40 persen responden akan lebih sering menggunakannya, mengingat lebih banyak peluang. 

Selain itu, mayoritas (87 persen) merasa nyaman membayar pembelian online dengan uang digital, sebagian besar responden (86 persen) bahkan merasa nyaman menggunakannya untuk membayar barang dagangan mereka di toko fisik.

Menariknya, para pembeli ini kurang siap untuk membeli barang-barang bernilai sangat tinggi seperti rumah (24 persen) atau mobil (31 persen) menggunakan kripto.