5 Ide Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga yang Seru dan Menyenangkan

YOGYAKARTA – Memasuki bulan Desember, mungkin Anda memerlukan inspirasi ide liburan akhir tahun bersama keluarga.

Perlu diketahui, berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023, hari Raya Natal jatuh pada Senin, 25 Desember 2023. Sedangkan cuti bersama jatuh pada Selasa, 26 Desember 2023. Artinya masyarakat memiliki waktu libur selama empat hari, yakni sejak Sabtu 23 Desember 2023 hingga Selasa, 26 Desember 2023.

Libur akhir tahun tersebut bisa Anda manfaatkan untuk berpakansi ke tempat wisata yang seru dan menyenangkan.

Ide Liburan Ahkhir Tahun Bersama Keluarga

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 10 Desember 2023, berikut beberapa ide liburan akhir tahun bersama keluarga yang dapat Anda pilih dengan menyesuaikan budget dan preferensi masing-masing:

1. Piknik di taman

Ide liburan akhir tahun bersama keluarga yang pertama adalah melakukan quality time dengan piknik di taman yang indah. Kendati tidak membutuhkan banyak biaya, piknik di taman bisa menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan.

Anda hanya perlu menyiapkan peralatan piknik, seperti terpal untuk duduk, keranjang makanan, dan tentunya makanan atau camilan yang lezat.

Ketika piknik di taman, Anda bisa mengajak si kecil bermain, seperti kejar-kejaran atau membaca buku cerita bersama.

2. Mengunjungi taman rekreasi

Taman rekreasi merupakan tempat wisata favorit banyak orang, khususnya bagi yang ingin menghabiskan waktu bersama orang terdekat.

Selain menyenangkan dan seru, kegiatan ini juga dapat membantu Anda menghilangkan rasa penat.

Pergilah bersama keluarga untuk mengisi waktu libur akhir tahun. Jangan lupa kenakan pakaian yang nyaman, sebab aktivitas di taman rekreasi mungkin akan banyak menguras tenaga.

3. Jalan-jalan ke kebun binatang

Kebun binatang merupakan salah satu destinasi wisata favorit untuk keluarga. Jalan-jalan ke kebun binatang bisa memberikan pengalaman seru, lantaran pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan aneka satwa.

Selain itu, berlibur ke kebun binatang juga bisa membuat si kecil makin pintar, sebab ia bisa tahu tentang binatang itu sendiri. Orang tua bisa menjelaskan tentang habitat hewan hingga makanannya. Dengan informasi dan apa yang anak lihat, hal itu bisa menjadi pembelajaran si kecil secara langsung.

Ketika jalan-jalan ke kebun binatang, usahakan untuk pergi di pagi hari supaya tidak terlalu panas. Selain itu, Anda juga disarankan mengenakan baju dan sepatu yang nyaman, sebab aktivitas di kebun binatang mungkin dapat menguras tenaga.

4. Staycation di villa atau hotel

Ide liburan akhir tahun bersama keluarga yang berikutnya adalah melakukan staycation, baik di villa maupun hotel.

Bila Anda memilih staycation di villa, pilihlah villa yang berada di dataran tinggi, karena cenderung memiliki pemandangan yang bagus dan udaranya sejuk.

Namun, bisa Anda memilih hotel sebagai tempat staycation, pilihlah hotel yang berada di pusat kota serta yang menyediakan fasilitas bermain, baik outdoor maupun indoor agar si kecil betah dan nyaman bermain.

5. Berlibur ke pantai

Mengunjungi pantai bisa menjadi ide liburan akhir tahun yang seru. Anda dan keluarga bisa menikmati hamparan pasir dan laut yang biru, serta suara deburan ombak yang merdu.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati beberapa aktivitas seru di pantasi, seperti bermain dengan pasir, menaiki banana boat, menikmati segahnya buah kelapa, dan tentu saja berenang di air yang sejuk.  

Demikian informasi tentang ide liburan akhir tahun bersama keluarga. Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di VOI.ID.