Ditpolairud Polda Kaltara Tingkatkan Pengamanan Perairan di Perbatasan

TARAKAN - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta Koprs Polairud Baharkam Polri terus menjadi Bhayangkara penjaga dirgantara dan bahari nusantara yang selalu siap memberikan dharma bakti terbaik demi terwujudnya Indonesia Emas 2045.

Hal ini disampaikan Kapolri melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara) Irjen Daniel Adityajaya saat menghadiri syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) Polairud ke-73 tahun 2023 di Mako Ditpolairud Polda Kaltara, Senin, 4 Desember.

"Kepada seluruh personel Polairud Baharkam Polri untuk terus menunjukkan eksistensinya dalam menjalankan tugasnya memelihara keamanan," kata Kapolda Kaltara.

Kapolri juga mengingatkan agar pengawasan di wilayah laut terus ditingkatkan dan diperketat, sehingga para pelaku illegal logging, illegal oil, perdagangan manusia, penyelundupan narkoba, perdagangan senjata ilegal dan lainnya yang dapat merugikan dan membahayakan negara dapat diantisipasi dan dicegah.

"Ditpolairud Polda Kaltara selama ini terus meningkatkan pengamanan perairan kita di Perbatasan RI-Malaysia, sehingga mampu mencegah dan mengungkap kasus perdagangan ilegal, narkoda dan  tindak pidana perdagangan orang (TPPO)," tegasnya.

Selain itu, personel Polairud Baharkam Polri diminta agar menjadi teladan bagi masyarakat, sebagai perekat simpul persatuan dan kesatuan bangsa di masa Pemilu 2024.

“Dengan menanamkan nilai-nilai Pancasila dan Bhineka tunggal ika," ujar Daniel.

"Sehingga Pemilu 2024 dapat berlangsung dengan aman, lancar, damai dan sejuk," pungkasnya.