Penjualan Suzuki XL7 Hybrid Melonjak, SIS: Antusias Masyarakat pada Hybrid Lagi Tinggi

JAKARTA - Industri otomotif di Indonesia saat ini sedang diramaikan oleh banyak model yang mengusung teknologi hybrid. Suzuki merupakan salah satu produsen kendaraan yang gencar memasarkan produk tersebut di tanah air.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), sebagai distributor kendaraan Suzuki di Indonesia, menghadirkan tiga produk yang mengusung sistem ‘Smart Hybrid Vehicle by Suzuki’ (SHVS), seperti All New Grand Vitara, All New Ertiga, dan XL7 Hybrid.

Menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotot Indonesia (Gaikindo) pada Oktober 2023, produk hybrid pabrikan asal Jepang tersebut didominasi oleh model dalam segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV), XL7 Hybrid.

Selama bulan Oktober 2023, model tersebut berhasil meraih angka penjualan sebanyak 5.240 unit sejak peluncurannya pada bulan Juni lalu. Angka tersebut lebih baik dari dua model lainnya, yakni All New Ertiga Hybrid dengan 4.779 unit dan All New Grand Vitara berjumlah 1.310 unit.

Menanggapi hal ini, Donny Saputra, 4W Head of Marketing PT SIS, mengatakan bahwa peningkatan penjualan XL7 Hybrid karena produk tersebut baru diluncurkan sehingga animonya berlanjut diharapkan hingga akhir tahun.

“Karena produk baru yg baru kami luncurkan Juni tahun ini, tentunya animo masih sangat besar hingga akhir tahun,” kata Donny saat dihubungi VOI, Selasa, 28 November.

Meskipun penjualan model hybrid lainnya tertinggal di belakang, Donny menyebut bahwa sambutan masyarakat akan teknologi ini berlangsung positif dan berperan dalam mendongkrak penjualan Suzuki di Indonesia selama tahun 2023.

“Secara volume memang XL7 saat ini memang besar, tapi secara overall penerimaan konsumen terhadap Suzuki SHVS sangat baik,” pungkas Donny.