Ganjar Bakal Mulai Kampanye dari Indonesia Timur

JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo berencana akan memulai kampanye dari bagian timur Indonesia.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadwalkan masa kampanye akan dimulai pada 28 November 2023 hingga 10 Januari 2024 atau selama 75 hari.

“Kampanye seperti jadwal yang sudah ada, mungkin saya akan mulai dari (Indonesia, red) timur,” kata Ganjar kepada wartawan di kawasan Senayan Park, Jakarta, Jumat, 24 November.

Ke depan, eks Gubernur Jawa Tengah itu berpesan semua pihak menjaga suasana kampanye tetap damai. Kata Ganjar, aturan dari penyelenggara pemilu juga harus ditaati.

"Menghadapi kampanye, mari kita jaga situasi yang damai. Mari kita ikuti aturan sehingga betul-betul jurdil dilaksanakan," tegasnya.

Ganjar juga mengingatkan pemilu merupakan pesta demokrasi lima tahunan. Sehingga tidak perlu ada permusuhan yang berkepanjangan.

Sehingga, dibutuhkan kedewasaan dari seluruh kandidat dan para pendukungnya selama proses pemilu berlangsung.

"Ini kan cerita lima tahunan yang kadang-kadang menegangan, seru, eh tahunya besok bersahabat lagi. Maka sebenarnya ini proses yang biasa saja, kita butuh dewasa untuk tingkat itu, kita saling jaga perasaan," pungkas Ganjar.