BMW R 12 2024, Motor Cruiser Klasik untuk Berkendara Santai

JAKARTA - Berbarengan dengan peluncuran model R 12 nineT, BMW Motorrad meluncurkan R 12 bergaya ‘Classic Roadster’ dan ‘Roadster’ sebagai model 2024. Hadir dengan semangat ‘The Spirit of Easy’, motor ini menawarkan kesan penjelajah klasik untuk berkendara yang santai.

Sama seperti varian nineT, motor tersebut hadir dengan desain sepeda motor tradisional, namun menawarkan gaya berkendara yang berbeda dengan menggabungkan karakter torsi yang berasal dari mesin boxer.

BMW R 12 memiliki rangka baja teralis yang telah dikembangkan sepenuhnya. Sasis tersebut dikurangi bobotnya, sehingga motor tersebut memiliki tampilan yang lebih bersih dan klasik. Rangka belakang, juga terbuat dari baja berbentuk tabung, dibaut ke rangka utama.

“Rangka ruang tubular one-piece yang benar-benar baru memberikan tampilan yang lebih bersih dan klasik,” kata Bart Janssen Groesbeek, selaku Designer Vehicle Design BMW Motorrad, dalam laman perusahaan, Jumat, 24 November.

Untuk memenuhi karakter penjelajah agar berkendara lebih santai, R 12 baru memiliki desain geometri suspensi yang dioptimalkan dengan rake yang ditingkatkan, kastor yang lebih panjang, dan jarak sumbu roda yang ditingkatkan.

Model ini juga dilengkapi dengan pelek ringan dengan ukuran 2,75 x 19" di depan dan 4,00 x 16" di belakang (ban 100/90-19 atau 150/80-16). Jarak sumbu roda 59,8 inci, kastor 5,2 inci, dan rake 29,3 derajat.

BMW R 12 dilengkapi dengan ABS Pro sebagai standar. Teknologi ini menawarkan keamanan maksimal saat melakukan pengereman di tikungan dengan mengaktifkan bantuan Anti-lock Braking System (ABS).

ABS Pro mencegah roda terkunci meskipun rem diterapkan dengan cepat. Keuntungannya adalah peningkatan pengereman dan stabilitas berkendara dikombinasikan dengan perlambatan terbaik, bahkan saat menikung. Tergantung pada mode berkendara yang dipilih, ABS Pro dan Engine Drag Torque Control menawarkan karakteristik kontrol yang disesuaikan untuk manuver pengereman yang optimal.

Sama seperti nineT, R 12 juga menampilkan pencahayaan LED sebagai standar dengan sistem Headlight Pro sebagai opsional demi membantu visibilitas pengendara. Segmen lampu depan masing-masing dilengkapi dengan elemen lampu menikung adaptif. Hal ini memungkinkan penerangan jalan yang lebih baik di tikungan, memastikan pengendaraan malam hari yang lebih aman.

Motor ini dibekali dengan mesin boxer 1.170 cc berpendingin udara 2-silinder yang sama seperti nineT. Namun yang membedakan keduanya ialah tenaga output. R 12 menghasilkan tenaga yang lebih kecil hingga 95 dk pada 6.500 rpm dan 109 Nm, dengan sistem transmisi enam percepatan.

Sayangnya, pabrikan motor asal Jerman ini belum mau mengungkapkan harganya. Diperkirakan bahwa mereka akan mengumumkan nilai banderol mendekati peluncuran di AS pada awal 2024 mendatang.