JAKARTA - Sejak diluncurkan di Indonesia menjelang akhir 2014 lalu, Harley-Davidson Street 500 cukup laris di mana saat itu penjualan model ini dilaporkan pernah mencapai 70 persen dari total penjualan Harley-Davidson di Indonesia pada 2015 lalu.
Sayang, di luar negeri Street 500 (atau XG500) kurang dicintai dari seluruh model keluarga Harley-Davidson. Meskipun dirancang sebagai model terjangkau dan ramah pemula, reputasinya tercoreng oleh kualitas konstruksi dan kurangnya karakter khas Harley yang dimiliki. Akhirnya tahun 2021, varian Street (500 dan 750) dihentikan produksinya.
Namun bagi pencinta modifikasi motor, sepeda motor entry-level Harley ini amat disukai. Salah satu contoh menarik berasal dari Toronto, dilansir dari Autoevolution, 23 November, di mana Augment Motorworks membuktikan potensi luar biasa dari Street 500 dengan menciptakan sebuah bobber yang menggoda hati.
BACA JUGA:
Dengan memulai dari model produksi tahun 2015, Nick Acosta, pemilik bengkel modifikasi ini ingin membuktikan bahwa XG500 yang sederhana bisa menjadi luar biasa dalam tangan yang tepat, tanpa memerlukan peningkatan kinerja atau perubahan struktural yang signifikan.
Ia memulai dengan beberapa perubahan cerdas di bagian belakang sepeda motor dengan mengalami transformasi radikal dengan penambahan kursi tunggal yang dibuat secara in-house, memberikan sentuhan estetika yang memikat dengan bantalan tebal dan jahitan kontras.
Dengan tetap mempertahankan mesinnya yang tidak berubah, XG500 bobber ini juga mendapatkan sentuhan modifikasi di bagian depan, termasuk lampu depan bergaya retro dan handlebar khusus.
Semua modifikasi ini tidak hanya dilakukan dengan baik di dalam bengkel, tetapi juga dibalut dalam lapisan cat artistik gunmetal grey dengan grafis api yang membuatnya terlihat lebih menarik.
Augment Motorworks setidaknya mampu membuktikan bahwa transformasi sederhana dapat mengubah sepeda motor yang sebelumnya dianggap kurang menarik menjadi karya seni yang menggoda hati para penggemar modifikasi.