Posisi Kaca Spion Mobil yang Benar: Begini Cara Mengaturnya

YOGYAKARTA - Pelajaran pertama saat kita mengemudi mobil yaitu bisa mengatur posisi kaca spion mobil yang benar. Karena memang kaca spion mobil itu adalah penyelamat nyawa kalian di jalan.

Apabila kita tidak melihat spion, gak kebayang ancaman bahaya seperti apa yang tengah menunggu kalian di jalan Ketika berkendara.

Bagi para pengemudi pemula tentunya melirik ke spion bukanlah hal yang utama, namun pandangan fokus kedepanlah yang jadi pokok dari perhatian kita agar mobil kita bisa melaju dengan nyaman.

Namun, kalian harus selalu membiasakan untuk melihat spion, karena hal itu sangatlah penting diterapkan. Dengan melirik spion kita bisa tahu kondisi kendaraan di belakang.

Ketika kita mulai menghidupkan mobil untuk lakukan perjalanan, tentunya kita harus memperhatikan dan menyesuaikan dulu spion agar sesuai dengan jarak pandang kita.

Namun, mengatur spion dan menyesuaikan dengan jarak pandang kita bukanlah cara yang mudah dan bisa dikerjakan secara asal-asalan. Kalian mesti memperhatikan tekniknya. Berikut merupakan beberapa Teknik yang harus kalian kuasai agar bisa mengatur tata letak spion.

Cara Mengatur Posisi Kaca Spion Mobil yang Benar

1. Duduk di Kursi Pengemudi

Langkah pertama yang wajib dicoba yaitu duduk di kursi pengemudi serta pastikan posisi jok mobil kalian dengan setir terkendali dengan aman. Yakinkan ada akses buat memijak rem, memindahkan gigi serta akselerator, ya!

Spion tengah yang terletak di depan, bisa Kalian gerakan secara perlahan serta pastikan letaknya tegak supaya Kalian tidak usah repot-repot menggerakan kepala buat menengok ke belakang. Dengan mengatur posisi spion tengah, maka Kalian tidak butuh lagi mengeluarkan tenaga buat memutar tubuh agar bisa melihat arah belakang.

2. Atur Spion Samping

Seiring dengan perkembangan zaman, desain mobil jadi lebih bervariasi, sebab banyak fitur yang dirancang untuk memudahkan para pengemudi. Tidak cuma soal fitur bagian dalam, tetapi pula bermacam fitur bagian luar mobil.

Saat ini telah banyak mobil yang mempunyai tuas kendali kecil di bagian pintu samping serta tuas tersebut dapat dipakai buat menyesuaikan posisi kaca spion samping.

Apabila Kalian memakai mobil dengan model lama, maka Kalian wajib membiasakan posisi spion secara manual yakni dengan menggunakan tuas ataupun menekan kaca secara langsung.

3. Sesuaikan Kaca Spion Pengemudi

Pengemudi mobil memanglah sangat diuntungkan dengan keberadaan cermin spion, sebab hal itu menolong banget dalam melihat keadaan kendaraan lain di bagian belakang. Apabila mobil kita tidak memakai cermin spion, pasti nya bakal membahayakan keselamatan kita.

Seusai Kalian duduk di bagian kursi pengemudi, hendaknya memastikan posisi cermin spion samping dengan benar serta pastikan Kalian dapat melihat jalur di bagian belakang, sehingga bagian sisi mobil pula dapat terlihat dengan jelas.

4. Sesuaikan Kaca Spion Samping Penumpang

Tidak cuma sopir saja yang wajib duduk dengan posisi yang benar dalam mobil, tetapi penumpang di sampingnya pula posisi duduknya wajib benar serta pastikan mengenakan sabuk pengaman, biar lebih aman ketika berkendara.

Apabila cermin spion di dekat pengemudi telah disesuaikan, maka Kalian wajib juga menyesuaikan kaca spion yang terletak di pinggir penumpang. Bila memakai spion manual, maka Kalian wajib memindahkan posisi cermin spion dengan berpindah kursi ke bagian penumpang.

5. Cek Seluruh Spion Mobil dengan Duduk di Kursi Pengemudi

Apabila Kalian telah menyetel seluruh spion dengan benar dan Kalian mau memeriksanya kembali, maka Kalian tinggal duduk di bagian kursi pengemudi. Lihatlah seluruh cermin spion, apakah letaknya sudah cocok dengan kemauan Kalian atau belum.

Pastikan dapat melihat bagian belakang dengan aman, sehingga Kalian dapat menyalip kendaraan lain dengan tenang serta Kalian dapat lebih gampang saat memarkirkan mobil.

Tahukah kalian, keberadaan spion mobil sangat berarti buat keselamatan Kalian serta penumpang yang lain sepanjang berkendara. Jangan sampai kalian mengalami kesulitan ketika melihat posisi mobil di belakang saat lagi berkendara. Dengan mengatur posisi spion maka Kalian bakal lebih mudah berkendara sehari hari.

Jadi setelah mengetahui posisi kaca spion mobil yang benar, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!