Tanggapan The Rain Soal Persaingan di Industri Musik Indonesia Saat Ini

JAKARTA - Sudah bermusik selama 22 tahun, The Rain melihat adanya perbedaan di industri musik nasional saat ini.

Menurut Indra Prasta (vokal), industri musik berkembang sangat pesat. Setidaknya, ia melihat ada perbedaan besar antara kuantitas rilisan lagu beberapa tahun belakangan.

“Mencoba mengikutinya susah banget, mencoba untuk tahu siapa aja sih yang rilis dalam minggu ini itu susah banget, saking banyaknya,” kata Indra Prasta di Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu, 22 November.

Banyaknya musisi dan karya-karyanya membuat persaingan otomatis menjadi lebih berat saat ini. Oleh karenanya, kata Indra, konsistensi dalam berkarya menjadi kunci untuk tetap bertahan.

“Regenerasi sih pasti akan selalu ada, terus, namanya industri, yang namanya persaingan ya normal. Yang penting kita konsisten aja,” katanya.

Bagi Indra, tidak ada kata bosan untuk terus bermusik dan menghasilkan karya. Meski semua lagunya tidak melulu diketahui dan dinyanyikan banyak orang, The Rain senang saat membawakan lagu-lagunya di atas panggung.

“The Rain dengan harapan bisa sepopuler Terlatih Patah Hati, kami usahakan semampunya merilis dan memperkenalkan karya baru. Tapi kita percaya tiap karya punya jalannya masing-masing, nggak bisa dipaksakan. Jadi, yang akan jadi populer akan populer, tapi tetap kami maksimalkan,” pungkas Indra Prasta.

Sebagai informasi, The Rain baru saja merilis ulang lagu Terlatih Patah Hati dengan versi akustik. Versi asli lagu ini dirilis pada tahun 2013 lalu.