Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Conmebol: Kalahkan Paraguay, Kolombia Cetak Rekor

JAKARTA - Kolombia menunjukkan performa ciamik saat mengalahkan Paraguay 1-0 di pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Conmebol. Kemenangan dalam laga di kandang Paraguay di Stadion Defensores del Chaco, Rabu, 22 November pagi WIB, menjadikan Kolombia tak terkalahkan selama enam pertandingan kualifikasi.

Kolombia pun mencatat rekor mengesankan. Pasalnya, Luis Diaz dkk menjadi satu-satunya tim yang belum pernah kalah selama kualifikasi.

Kolombia juga mempertahankan rekor tak pernah kalah di empat laga away, yaitu di kualifikasi dan laga persahabatan. Mereka dua kali imenang dan imbang.

Di laga sebelumnya, Kolombia juga bermain apik saat mengalahkan tim elite Brasil 2-1. Tren itu berlanjut saat La Tricolor mengatasi perlawanan Paraguay.

Kemenangan itu menjadikan Kolombia makin kukuh di peringkat tiga dengan poin 12. Mereka hanya terpaut satu poin dengan Uruguay dan Argentina yang menduduki peringkat pertama dan kedua.

Sementara, Paraguay yang menelan kekalahan di kandang sendiri masih tertahan di papan tengah. Paraguay yang sebelumnya bermain imbang 0-0 melawan Chile menduduki peringkat tujuh dengan poin lima.

Dalam pertandingan itu, satu-satunya gol Kolombia dihasilkan striker Rafael Santos Borre dari titik penalti di menit 11.

Penalti diberikan wasit Jesus Valenzuela setelah menilai defender Omar Arderte menyentuh bola di kotak terlarang.

Eksekusi penalti pun dituntaskan dengan baik oleh penyerang klub Bundesliga Jerman Werder Bremen ini.

Setelah Kolombia unggul 1-0, kedua tim tak mampu mencetak gol. Skor tak berubah sampai akhir laga.