Klasemen MotoGP 2023: Bagnaia di Ambang Juara!

JAKARTA – MotoGP musim 2023 tinggal menyisakan satu seri balapan untuk penentuan gelar juara. Awalnya, Francesco Bagnaia diprediksi bisa merengkuh gelar juara dunia di MotoGP Qatar 2023 pada Senin, 20 November 2023, tapi skenario itu gagal. 

Balapan terbaru MotoGP 2023 yang digelar di Sirkuit Losail International, Qatar, Senin, 20 November 2023 itu menjadi milik Fabio DI Giannantonio. Sebelumnya, Jorge Martin sukses memimpin sprint race.

Jorgen Martin, yang menunggang Pramac Racing Team, sempat memangkas jarak poin dengan pemimpin klasemen, Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo Team. Selisihnya tinggal tujuh poin usia memenangi sprint race

Sayang, dia kemudian terpuruk di race. Kegagalan di full race membuat kans pebalap Spanyol tersebut untuk mengusik Bagnaia dalam persaingan perebutan gelar juara dunia semakin kecil. 

Pasalnya, dia sekarang terpaut 21 poin dengan Pecco, sapaan Bagnaia. Angka tersebut jelas cukup besar mengingat seri balapan musim ini tinggal satu saja.

Saat full race, Martin finis di posisi ke-10 lantaran memiliki masalah pada ban belakang. Sementara Bagnaia berhasil menyelesaikan balapan tepat di belakang rekan senegaranya, Giannantonio, atau posisi kedua.

Hasil di MotoGP Qatar membuat Bagnaia sekarang nyaman di posisi teratas dengan koleksi 437 poin, sedangkan Martin mengekor dengan koleksi 416 poin. Menyusul kemudian ialah Marco Bezzecchi yang memiliki 326 poin.

Menilik selisih angka sebesar itu, Bagnaia hanya perlu menjuarai sprint race di seri MotoGP terakhir di Valencia pada akhir pekan ini. Skenarionya, Jorge Martin menyelesaikan sprint race di podium ketiga.

Jika itu terjadi maka sekalipun Martin memenangi full race dan menambah 25 poin tidak akan berarti apa-apa.

Skema itu akan membuat Martin mengumpulkan total 448 poin, sedangkan Bagnaia 449 alias unggul satu angka saja untuk mempertahankan gelar juara.

Berikut Klasemen MotoGP 2023:

Francesco Bagnaia, 437

Jorge Martin, 416

Marco Bezzecchi, 326

Brad Binder, 268

Johann Zarco, 204

Aleix Espargaro, 198

Luca Marini, 194

Maverick Vinales, 192

Fabio Quartararo, 167

Alex Marquez, 165