Charles Hoskinson Ajak Mantan CEO OpenAI Gabung Proyek Cardano

JAKARTA - Pendiri kripto Cardano Charles Hoskinson mengajak Sam Altman, mantan CEO OpenAI, untuk bergabung dengan proyek Cardano. Proyek tersebut adalah model bahasa besar terdesentralisasi atau Large Language Model (LLM), yang merupakan teknologi AI yang dapat menghasilkan teks dari data.

Hoskinson, yang juga merupakan salah satu pendiri awal Ethereum, mengirimkan undangan tersebut melalui akun media sosial X yang diunggah pada 18 November 2023. Pendiri kripto ADA itu menyebutkan bahwa Altman sekarang memiliki waktu luang setelah dipecat dari OpenAI.

Oleh karena itu, Altman dapat berkontribusi untuk LLM terdesentralisasi yang akan menjadi bagian dari partnerchain Cardano, yaitu blockchain yang terhubung dengan Cardano melalui fitur milik Polkadot.

Undangan Hoskinson muncul setelah terjadi pergantian kepemimpinan di OpenAI, yang dilaporkan oleh Reuters. Sam Altman, yang menjabat sebagai CEO OpenAI sejak 2019, dipecat oleh dewan direksi OpenAI, dengan alasan kurangnya komunikasi yang konsisten yang menghambat tanggung jawab mereka. Mira Murati, Chief Technology Officer OpenAI, ditunjuk sebagai CEO sementara, sambil mencari pengganti Altman.

Pemecatan Altman mengejutkan banyak orang, termasuk Greg Brockman, presiden dan salah satu pendiri OpenAI, yang mengundurkan diri dari perusahaan sebagai bagian dari aksi protes. Altman dan Brockman mengetahui keputusan tersebut hanya beberapa saat sebelum diumumkan secara publik. Dewan direksi OpenAI, yang kini hanya beranggotakan empat orang, belum memberikan penjelasan lebih lanjut tentang alasan pemecatan Altman.

OpenAI, yang didanai oleh Microsoft dengan jumlah yang besar, merupakan salah satu perusahaan terdepan dalam bidang AI generatif, yaitu AI yang dapat menciptakan konten baru dari pengolahan data.

OpenAI merilis ChatGPT pada bulan November 2022, sebuah aplikasi perangkat lunak yang dapat menghasilkan teks percakapan dari data. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi perangkat lunak dengan pertumbuhan tercepat di dunia.