Sutradara Film Zero Fucks Given Sampaikan Paradigma Anak Muda Ketika Hadapi Modernitas

JAKARTA - Duo sutradara asal Perancis, Emmanuel Marre dan Julie Lecoustre bicara soal paradigma atau kerangka berpikir yang mereka gunakan dalam menghasilkan Zero Fucks Given.

Emmanuel Marre mengatakan, ia dan rekannya ingin menggambarkan bagaimana kondisi yang dialami anak muda hari-hari ini, terutama ketika berhadapan dengan modernitas dan tuntutan zaman ini

“Ini adalah refleksi dari bagaimana individu dalam keramaian, dan juga bagaimana modernitas yang kita definisikan, di mana modernitas memaksa kita untuk menampilkan kita yang seluruhnya bercahaya,” kata Emmanuel Marre di Duren Tiga, Jakarta Selatan, Sabtu, 18 November.

“Anda diharuskan bersinar seperti cahaya. Pertanyaannya adalah, semakin anda mencoba menjadi diri sendiri, semakin anda berada dalam bayang-bayang,” lanjutnya.

Senada dengan Emmanuel Marre, Julie Lecoustre menyebut adanya pertanyaan besar atas apa yang dilakukan muda-mudi saat ini.

“Ini sebenarnya agak sama, anda tahu bahwa hari-hari ini perusahaan dengan brand-nya menggunakan banyak emosi, seperti marketing yang menggunakan banyak emosi untuk menjual sesuatu. Dan mungkin pertanyaannya bisa juga bagaimana sebagai manusia, kita mengetahui emosi itu benar adanya,” ujarnya.

Ketika ditanya apakah Zero Fucks Given ditujukan sebagai kritik akan modernitas, Julie tidak menampiknya.

“Mungkin seperti itu, tapi kita tidak menampilkan satire. Kita hanya mempertanyakan di mana tempat bagi sebuah emosi hari-hari ini,” kata Julie.

“Tapi, kita juga tidak mengatakan bahwa sebelumnya lebih baik,” timpal Emmanuel.

Meski punya paradigma yang kental unsur filosofis, Emmanuel Marre menyebut Zero Fucks Given dibuat sedekat mungkin dengan kehidupan sehari-hari anak muda.

Mungkin itu yang menjadi alasan mengapa film ini tidak hanya laku di festival film, namun juga secara komersial.

“Anda tidak perlu menjadi intelek untuk menikmati film ini,” ucap Emmanuel Marre.

Sebagai informasi, Zero Fucks Given berkisah tentang wanita muda bernama Cassandre (Adele Exarchopoulos) yang memutuskan bekerja sebagai pramugari setelah kematian ibunya.

Cassandre bekerja di maskapai penerbangan bertarif rendah dan harus terbang dari satu wilayah ke wilayah lain. Dia memilih jalan kariernya hanya bermodalkan keberanian, yang kemudian ia merasa bimbang atas keputusannya itu.

Zero Fucks Given digarap selama sembilan bulan sejak Februari 2020. Film ini pertama kali ditampilkan di Cannes Critics Week 2021.

Sutradara Zero Fucks Given (Ivan Two Putra/VOI)