Ban Ramah Lingkungan Terbaru Ecopia EP300 Enliten dari Bridgestone, Apa Keunggulannya?

JAKARTA - PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia), bagian dari Bridgestone Corporation secara resmi memperkenalkan line up terbaru dari seri ban Ecopia, yaitu Ecopia EP300 Enliten untuk Segmen MPV dan SUV.

Ban Ecopia dikenal sebagai seri ban ramah lingkungan dari Bridgestone, mengusung inovasi terbaru melalui penerapan teknologi Enliten. Ecopia EP300 hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat modern dalam berkendara saat ini.

Presiden Direktur Bridgestone Indonesia, Mukiat Sutikno, menyatakan bahwa isu lingkungan semakin menjadi perhatian, dan Bridgestone, sebagai salah satu produsen ban global, telah lama berkomitmen terhadap isu ini.

"Isu terkait lingkungan menjadi concern terbesar kami dan sudah menjadi bagian dari Bridgestone E8 Commitment, di mana di dalamnya terdapat poin-poin terkait Energy, Ecology, dan Efficiency. Kehadiran Ecopia EP300 Enliten, di luar sisi bisnisnya, menunjukkan komitmen kuat kami pada aspek lingkungan," katanya, seperti yang diungkapkan dalam keterangan resmi yang diterima oleh VOI, Kamis, 16 November.

Dengan mengadopsi teknologi terbaru Bridgestone, Ecopia EP300 Enliten menawarkan sejumlah keunggulan. Pertama, sebagai ban ramah lingkungan, Ecopia EP300 Enliten memiliki rolling resistance coefficient (RRC) atau hambatan gulir yang rendah, lebih rendah 4 persen dibandingkan dengan ban tanpa teknologi Enliten. Hal ini tentu akan berdampak signifikan pada pengurangan produksi CO2 karena adanya penekanan konsumsi bahan bakar.

Dari sisi kinerja, Bridgestone menerapkan desain teknologi terbaru pada Ecopia EP300 Enliten untuk menjaga komitmennya dalam menyajikan produk dengan kualitas superior. Ini termasuk optimalisasi "Crown Shape" (pola atau bentuk kembang ban) yang memberikan tekanan kontak lebih merata pada permukaan aspal, berkontribusi pada RRC yang lebih baik, dan meningkatkan performa di lintasan basah, baik untuk handling maupun pengereman.

Selain melalui optimalisasi Crown Shape, performa ban juga didukung oleh penggunaan compound baru, yang berdampak positif pada pengurangan RRC dan peningkatan performa di lintasan basah. Desain tepi blok yang membulat juga membantu mencegah deformasi untuk menjaga bentuk kontak, yang berguna saat pengereman.

“Penerapan desain tapak baru untuk mengontrol deformasi ban dengan lebih baik mampu memberikan daya tahan yang lama pada kinerja ban, terutama saat penanganan dan pengereman di lintasan basah," jelas Direktur Pemasaran Bridgestone Indonesia, Masaki Abe.

Ecopia EP300 Enliten hadir dalam tiga ukuran rim, yaitu 15, 16, dan 17 inci, dan akan menjadi pilihan yang tepat untuk kendaraan MPV dan small SUV. Produk ini sudah tersedia di toko resmi.