94 Saksi Ahli Sudah Diperiksa Untuk Mengungkap Sosok Pimpinan KPK yang Peras SYL

JAKARTA - Proses penyidikan kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terus bergulir. Perkembangan saat ini, Polda Metro Jaya telah memeriksa 94 saksi dan ahli.

"Telah dilakukan pemeriksaan sampai dengan hari Senin kemarin tanggal 13 November 2023 sebanyak 86 orang saksi,” ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Selasa, 14 November.

Kemudian, penyidik juga sudah memeriksa 8 ahli selama proses penyidikan. Namun, tak dirinci para ahli tersebut.

Hanya diketahui penyidik sempat meminta pandangan ahli hukum pidana, ahli hukum acara, ahli multimedia, dan ahli mikro ekspresi.

Sehingga, bila diakumulasi, penyidik sudah memeriksa 94 saksi dan ahli guna mengungkap sosok pimpinan yang memeras Syahrul Yasin Limpo.

"Telah dilakukan pemeriksaan terhadap 86 orang saksi dan 8 orang ahli," kata Ade.

Adapun, saksi yang sudah diperiksa di antaranya Syahrul Yasin Limpo dan Firli Bahuri.

Kemudian, eks ajudan Firli Bahuri, Kevin Egananta. Lalu ada Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar, Direktur Dumas KPK Tomi Murtomo, serta dua orang eks pimpinan KPK Saut Situmorang dan M Jasin.

Lalu juga ada Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementerian Pertanian Muhammad Hatta, yang diperiksa di Bareskrim Polri beberapa waktu yang lalu bersamaan dengan Syahrul Yasin Limpo.