Linkin Park Digugat Eks Bassis Terkait EP Hybrid Theory

JAKARTA - Bassist Kyle Christner mengajukan gugatan terhadap Linkin Park, mengklaim bahwa dia tidak menerima kredit atau royalti dari EP (album mini) Hybrid Theory tahun 1999 di mana dirinya terlibat.

Dalam gugatan yang diajukan di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Pusat California pada Rabu (8 November), Christner menyebut dirinya sebagai "mantan anggota Linkin Park" yang "berkolaborasi dan merekam banyak lagu dengan band tersebut".

Dia mengatakan, edisi box set ulang tahun ke-20 dari album studio Linkin Park, Hybrid Theory, yang tersedia pada tahun 2020, berisi "banyak lagu" yang mana dia adalah "pencipta bersama", termasuk Could Have Been, sebuah lagu yang belum pernah dirilis sebelumnya dalam bentuk apa pun dan kini ditonton hampir satu juta kali di YouTube.

Menurut Christner, dia "tidak pernah dibayar sepeser pun untuk karyanya dengan Linkin Park, dan dia juga tidak diberi penghargaan yang pantas, bahkan ketika [mantan rekan bandnya] mendapat manfaat dari upaya kreatifnya."

Gugatan Kyle, yang pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg Law dan Rolling Stone, menuduh bahwa namanya "dihapus" dari EP Hybrid Theory ketika diterbitkan kembali pada tahun 2001 sebagai "edisi klub penggemar".

Dia juga mengklaim bahwa box set peringatan 20 tahun Hybrid Theory yang disebutkan di atas mencakup penerbitan ulang EP aslinya.

"Meskipun Christner pernah mendapat kesan yang salah bahwa bagian bassnya direkam ulang dalam EP tersebut setelah dia keluar dari band, dia, setelah diperiksa lebih dekat, mengidentifikasi permainan bassnya pada edisi EP yang disertakan dalam box set," gugatan tersebut berbunyi.

Box set, yang tidak memberikan penghargaan kepada Christner atas karyanya pada EP, mencakup, antara lain, lagu-lagu langka dan belum pernah dirilis sebelumnya pada tiga koleksi (disajikan sebagai compact disk dalam edisi fisik) masing-masing berjudul Forgotten Demos, B-Sides Rarities, dan LPU Rarities.

Christner mengatakan dia tampil banyak dalam rekaman ini, seperti demo Could Have Been, sebuah lagu yang dirilis untuk pertama kalinya sehubungan dengan box set tersebut.