Amazon Batasi Iklan Pesaing di Penelusuran Produk Apple

JAKARTA – Demi membersihkan perangkatnya dari iklan pesaing, Apple membuat kesepakatan dengan Amazon. Perjanjian ini membuat halaman pencarian lebih menonjolkan produk Apple.

Dari laporan The Verge, aplikasi maupun situs Amazon di iPhone, iPad, MacBook, dan perangkat Apple lainnya harus menghapus atau meminimalisir iklan pesaing, khususnya saat pencarian perangkat Apple.

Misalnya, pengguna yang mencari iPhone 15 di Amazon hanya akan mendapatkan produk yang sesuai. Spanduk di bagian atas dan bawah halaman tidak akan menampilkan iklan dari pesaing seperti Samsung, melainkan iklan yang dibawa oleh Apple.

Selain mengurangi iklan dari pesaing, Amazon juga mengurangi tampilan iklan di penelusuran perangkat Apple. Pengguna Amazon di Apple tidak akan menemukan rekomendasi seperti produk yang terkait dengan item ini dan item sesuai dengan peringkat 4 bintang ke atas.

The Verge telah bertanya langsung kepada Apple dan perusahaan itu mengonfirmasi bahwa Apple dan Amazon memang menjalin kesepakatan. Juru Bicara Apple Fred Sainz juga mengatakan bahwa hasil kesepakatan membatasi iklan di ruang penelusuran terkait produk Apple.

Sementara itu, mantan Kepala Ritel Amazon Jeff Wilke sempat menulis dalam rilis Komite Kehakiman DPR bahwa ia memahami keinginan Apple untuk tidak mendorong pengguna perangkatnya ke merek pesaing.

“Kami memahami bahwa Apple tidak ingin mendorong penjualan ke merek pesaing di halaman pencarian atau detail .... Pada halaman detail produk, kami memahami bahwa Apple tidak ingin melihat penempatan produk apa pun yang merekomendasikan produk non-Apple,” tulis Wilke.

Keinginan besar dari Apple ini tentu memerlukan kompensasi. Hingga saat ini, belum diketahui berapa besaran dana yang harus Apple bayarkan. Namun, Wilke mengatakan, “Apple perlu membeli penempatan ini atau memberikan kompensasi kepada Amazon atas hilangnya pendapatan iklan.”