Catat, 7 Benda Ini Sebaiknya Enggak Kamu Simpan di Gudang

JAKARTA - Apakah gudang di rumah terlihat berantakan akhir-akhir ini? Jika ya, kemungkinan besar itu karena Anda telah mengisinya dengan barang-barang yang sebenarnya tak boleh disimpan di sana.

“Gudang merupakan tempat yang tepat untuk menyimpan barang-barang yang sering digunakan untuk berkebun, bermain di halaman, dan barang-barang yang tidak lagi digunakan,” kata Perri Kersh, pendiri Neat Freak™ Professional Organizing, LLC, di Chapel Hill.

“Kebanyakan gudang tidak memiliki pengatur suhu, sehingga tidak ideal untuk barang yang memerlukan suhu stabil,” lanjut Hill.

Jadi, sebelum menyimpan barang di gudang, cari tahu barang apa saja yang menurut para ahi tidak boleh disimpan di gudang, melansir dari Southern Living, Jumat, 10 November.

Pakaian dan Linen

Jangan simpan pakaian atau barang tekstil lainnya yang tidak digunakan di gudang.

“Udara lembab dapat menciptakan kelembapan dan menyebabkan tumbuhnya jamur atau lumut pada barang-barang ini,” jelas Kristin Gorin, salah satu pendiri Get Organized RVA di Richmond, Virginia. 

Selain itu, binatang kecil dapat menyelinap masuk dan menodai, merusak, atau membuat lubang pada kain. 

“Untuk melindungi tekstil, pilihlah menyimpannya di dalam ruangan, di lingkungan yang sejuk, kering, dan bebas hama,” saran Rachel Gitzen, pendiri Rah and Co di Columbia, Carolina Selatan.

Makanan

Gudang tidak boleh dialihfungsikan sebagai perpanjangan dapur rumah. Semua jenis makanan tidak cocok disimpan di dalam gudang. 

“Suhu beku dapat memengaruhi makanan kaleng yang disimpan di gudang sehingga menyebabkan kaleng terkorosi atau stoples pecah dan tumpah ke barang-barang Anda yang lain,” kata Gorin. 

Selain itu, panas dapat menyebabkan makanan cepat rusak dan makanan dalam kemasan mudah diakses oleh serangga dan hewan kecil, tambahnya. Hal yang sama berlaku untuk makanan hewan dan pakan burung.

Makalah dan Dokumen Penting

Makalah atau dokumen penting sebaiknya tidak Anda letakkan di dalam gudang, tapi dalam lemari arsip di rumah. Sebab, kelembaban dan panas di dalam gudang dapat menyebabkan halaman-halaman saling menempel, tumbuhnya jamur, dan serangan hama,” kata Gorin.

“Surat-surat penting tidak hanya lebih rentan dicuri, namun juga dapat rusak karena panas,” catat Gorin. 

Selain itu, pikirkan apakah benar-benar praktis meletakkan dokumen di gudang. Seperti yang diungkapkan oleh Stephanie Worinkeng, pendiri A Time To Organize di Greenville, Carolina Selatan, selain masalah pengendalian iklim, gudang bukanlah ruang yang mudah untuk mengakses dan menikmati kenangan dari foto dan dokumen yang layak disimpan.

Mainan

Anda mungkin mempunyai niat menyimpan mainan untuk generasi berikutnya, tetapi menyimpan barang-barang ini di dalam gudang bisa berbahaya. 

“Paparan panas dalam waktu lama dapat membuat mainan plastik menjadi rapuh, sehingga mudah retak dan pecah,” jelas Gorin. Mainan seperti boneka juga tidak akan berfungsi dengan baik jika terkena cuaca buruk, tambahnya.

Elektronik

Jika Anda tidak lagi menggunakan pemutar DVD atau radio usang, maka sumbangkanlah.

“Tikus dan hewan pengerat lainnya sering masuk ke dalam gudang dan hewan ini suka menggigit kabel,” komentar Laura Gutowski, pendiri Everything in Its Space di Charleston, Carolina Selatan.

Wadah Penyimpanan Kosong

Mungkin niat Anda menyimpan wadah kosong di dalam gudang untuk nantinya dipakai mengisi barang-barang yang tak terpakai. Sayangnya, wadang kosong sebaiknya tidak ditaruh di gudang. 

“Kontainer itu sendiri menghabiskan ruang di gudang,” kata Emily Evans, pendiri Eliminate with Emily di Lexington, Kentucky. 

“Jika Anda tidak berencana pindah tahun depan, tidak ada alasan untuk menyimpan tempat sampah dan kotak kosong. Kotak karton, baik diisi atau tidak, harus dibuang karena dapat menarik segala jenis serangga,” terang Evans.

Jika barang-barang tersebut tidak lagi berguna bagi Anda, maka keluarkan barang tersebut dari gudang dan donasikanlah. Gudang sering kali menjadi tempat pembuangan mainan-mainan lama, perkakas pekarangan, peralatan olahraga, dan peralatan berkebun. 

Jika Anda tidak menggunakannya lagi, sumbangkan kepada orang yang lebih membutuhkan. Selain bermanfaat, Anda juga akan mendapat ruang ekstra di gudang untuk meletakkan hal-hal yang berkaitan dengan hobi baru.