Honda Resmi Bawa Kembali CBR600RR ke Pasar Eropa dengan Berbagai Peningkatan

JAKARTA - Honda CBR600RR merupakan motor sport kelas menengah andalan Honda yang dipasarkan secara global mulai tahun 2013 sebagai replika balap dari seri CBR600F.

Namun untuk pasar Eropa motor dengan kapasitas mesin 599 cc ini tidak lagi dipasarkan mulai 2016 silam. Terbaru, Honda ingin kembali membawa motor ini kembali ke Eropa untuk model tahun 2024 mendatang.

Pada ajang EICMA 2023 yang kini berlangsung, Honda mengumumkan peluncuran motor supersport terbaru CBR600RR. Salah satu perbedaan dari motor ini adalah ubahan mesin, tampilan, dan penambahan fitur elektronik dan aerodinamika canggih yang terinspirasi dari MotoGP.

Dikutip dari laman resmi Honda Global, Kamis, 8 November, kehadiran motor satu ini ditujukan untuk menghidupkan kembali persaingan kategori super sport kelas menengah di Eropa.

CBR600RR terbaru ditenagai oleh mesin yang secara signifikan ditingkatkan dari sebelumnya untuk menghasilkan daya puncak 119 hp pada 14.250 rpm dan torsi 63 Nm pada 11,500. rpm.

Sementara, paket sasis aluminium twin-spar memberikan stabilitas yang solid meski bobot motor mencapai 193 kg. CBR600RR juga memiliki suspensi depan upside down Showa 41mm, ditambah sokbreker belakang Showa, yang dapat disetel keduanya, dan fairing dengan winglet yang terinspirasi dari MotoGP.

Tak hanya itu, terdapat juga lima mode berkendara yang dilengkapi dengan Honda Selectable Kontrol Torsi (HSTC), Wheelie Control, dan Rear Lift Control untuk pengalaman berkendara yang lebih terkontrol.

CBR600RR dilengkapi dengan slipper clutch dan quickshifter sebagai standar, serta diperkuat oleh sistem elektronik canggih yang terinspirasi dari superbike Honda RC213V-S dan CBR1000RR-R Fireblade dari MotoGP.

Sebagai tambahan, tersedia pilihan opsional seperti sarung jok belakang, bantalan kaki, heat handle, knalpot balap, dan peningkatan suspensi untuk memenuhi kebutuhan individu pengguna.

Untuk pilihan warna, sama dengan semua motor dalam keluarga supersport Honda, CBR600RR terbaru akan tersedia dalam tiga warna HRC Grand Prix Red HRC dan Matt Ballistic Black Metallic.