Peringati 30 Tahun Kehadiran Seri Duke, KTM Rilis 990 Duke dengan Performa Buas

JAKARTA - Untuk memperingati 30 tahun keberadaan seri ‘Duke’, KTM merilis sepeda motor 990 Duke yang siap bersaing di segmen motor telanjang 1000 cc, menawarkan desain dan performa terbaik di kelasnya.

Menurut keterangan resmi perusahaan, Selasa, 7 November, KTM 990 Duke tidak hanya membawa mesin bertenaga, rangka baru, dan desain swingarm yang segar, tetapi juga menawarkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar yang sesuai dengan proporsinya.

Dengan konsep ‘Ledakan dalam Kerangka Beku’, motor ini menampilkan desain ekstrim dengan sentuhan tajam yang agresif pada bodywork. Penampilannya semakin menarik dengan dua opsi warna, yaitu Hitam dan Orange Listrik.

Pabrikan asal Austria ini menggunakan rangka teralis yang kokoh dan swingarm kisi tertutup baru yang dikombinasikan dengan suspensi WP Apex untuk memaksimalkan kestabilan kendaraan. Ban Bridgestone S22 yang dipasang pada motor ini juga dirancang untuk meningkatkan daya cengkeram saat menikung.

Bagian depan motor dilengkapi dengan Suspensi WP APEX 43 mm yang dapat disesuaikan dengan mudah dan akurat dengan 5 klik pada rebound dan kompresi. Di bagian belakang, peredam kejut WP APEX Monotube juga dapat disetel dalam 5 klik, sementara pengaturan preload manual juga dimungkinkan.

Motor ini juga dilengkapi dengan lampu depan LED yang membantu meningkatkan pencahayaan, serta lampu DRL depan yang dapat disesuaikan secara otomatis berkat sensor cahaya yang terhubung dengan dasbor.

KTM 990 Duke dilengkapi dengan fitur Coming Home standar, di mana lampu depan tetap menyala setelah kunci kontak dimatikan, memberi pengendara beberapa detik untuk membuka pintu atau meningkatkan visibilitas di dalam garasi.

Di posisi pengendara, motor ini hadir dengan layar 5 inci yang dilapisi kaca anti-gores, memberikan informasi teknis terkini tentang model ini saat dikendarai. Tampilan grafik dan struktur menu yang direvisi dirancang untuk akses yang lebih cepat dan intuitif ke berbagai fitur pada model ini.

Dari segi performa, motor ini menggunakan mesin dari KTM 890 Duke R, yaitu LC8c. Ini berarti, KTM 990 Duke mampu menghasilkan tenaga hingga 123 dk dengan torsi maksimal 103 Nm dari mesin berkapasitas 947 cc. Dengan bobot sebesar 179 kg, motor ini memungkinkan pengendara untuk bermanuver dengan lincah.