Sejak Tahun 2011, Coldplay Nyatakan Dukungan untuk Palestina

JAKARTA - Coldplay sudah sejak lama menyatakan dukungannya untuk Palestina. Setidaknya, dukungan pertama band asal Inggris itu terlihat pada tahun 2011 lalu.

Saat itu, akun Facebook resmi Coldplay menyerukan kepada pengikutnya untuk mendengarkan lagu berjudul Freedom for Palestine, sebuah lagu yang diinisiasi gerakan One World.

Personel Coldplay memang tidak terlibat dalam penggarapan lagu tersebut. Namun, unggahan di akun Facebook mereka sempat menjadi sorotan media di banyak negara, khususnya di Israel.

Tidak berhenti sampai di situ, pada tahun 2017 Coldplay mengunjungi Palestina dan berkolaborasi dengan band lokal bernama Le Trio Joubran.

Kolaborasi Coldplay dan Le Trio Joubran menghasilkan sebuah lagu berjudul Arabesque.

Berdasarkan informasi kredit lagu dari Spotify, lagu tersebut ditulis oleh Chris Martin, Drew Goddard, Femi Kuti, Guy Berryman, Jonny Buckland, Paul Van Haver dan Will Champion.

Kemudian, Coldplay kembali menyatakan dukungannya kepada Palestina pada tahun 2019. Dukungan tersebut dinyatakan saat menggelar konser di Amman, Yordania.

Saat itu, Chris Martin diminta seorang penggemar untuk menyanyikan sebuah lagu untuk korban perang di Gaza, Palestina. Dia juga diminta memberikan pidato solidaritas.

"Saya percaya setiap manusia memiliki hak hidup. Saya tidak setuju dengan penindasan dalam bentuk apapun," kata Chris Martin dalam pidatonya.