SEMA Show 2023: Toyota Pamerkan Land Cruiser Bergaya Monster Truck

JAKARTA - Pergelaran modifikasi internasional berbasis di AS, yaitu Speciality Equipment Market Association (SEMA) Show 2023 berlangsung dari 31 Oktober hingga 3 November 2023.

Dalam acara yang digelar di Las Vegas ini, sejumlah pabrikan otomotif dan perusahaan modifikasi serta aftermarket akan memamerkan hasil karya mereka

Toyota turut meramaikan pameran dengan konsep yang tidak lazim. Pabrikan asal Jepang tersebut memamerkan sebuah pikap truk Land Cruiser FJ45 tahun 1966 dengan perubahan off-road yang terkesan ekstrem dilengkapi dengan suspensi, ban, dan mesin yang besar, membuatnya seperti mobil ‘Monster Truck’.

“Setiap tahun kami cukup beruntung bisa membangun kendaraan proyek khusus SEMA. Dengan kembalinya Land Cruiser ke pasar AS, masuk akal untuk membuat rock crawler, jadi inilah pendapat kami tentang Truk Pickup Toyota FJ45 tahun 1966,” kata Marty Schwerter, selaku tim manajer Toyota Motorsports, dalam laman resmi perusahaan, Selasa, 31 Oktober.

Bodi truk tersebut berdiri di tengah-tengah ban besar BF Goodrich Krawler T/A KX berukuran 42 inci yang dipasang pada roda beadlock method berukuran 20 inci. Komponen baru ini secara signifikan meningkatkan ground clearance, dilengkapi dengan suspensi full trailing arm yang didesain ulang dilengkapi dengan shock Fox dan pegas Eibach.Lebih lanjut, fondasi dari kendaraan ini telah diganti dengan rangka yang lebih kokoh, sasis tabung, dan roll cage.

Berpindah ke bagian kabin, mobil tersebut memiliki konfigurasi dua tempat duduk dari Momo Daytona Evo yang telah dikerjakan ulang oleh Complete Customs dengan jok bertema kotak-kotak sesuai dengan orisinalnya. Setir kemudinya berasal dari mobil Sir Jackie Stewart yang memenangkan gelar juara dunia F1 tahun 1968 dengan dashboard dan konsol tengah yang menampilkan cat yang sama dengan eksterior.

‘Monster Truck’ tersebut ditenagai mesin buas V8 yang berasal dari mobil NASCAR saat ini yang telah dikembangkan oleh TRD, sehingga menghasilkan tenaga sebesar 725 dk dengan knalpot MagnaFlow membuat raungan mesin terdengar jelas hingga jarak yang jauh sekalipun.

Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis 3 kecepatan oleh Rancho Drivetrain Engineering dengan bantuan diferensial Currie depan dan belakang serta transfer case Advanced Adapter Atlas.

Pabrikan mengeklaim bahwa mobil ini dapat melaju dengan kecepatan 19 km/jam dalam gigi terendah atau melaju hingga 266 km/jam pada gigi tertinggi dengan putaran 7.000 rpm.