Hyundai World Skill Contest 2023: Haydar Ali Wakili Indonesia di Ajang Bergengsi Ini

JAKARTA - Hyundai World Skill Contest 2023, acara tahunan yang menantang para mekanik terbaik Hyundai dari seluruh dunia. Ajang bergengsi ini diikuti oleh berbagai mekanik berbakat, termasuk perwakilan dari Indonesia, Haydar Ali, yang berasal dari diler Hyundai Arista Margonda, Depok.

Ajang prestisius ke-14 ini berlangsung di Seoul, Korea Selatan, pada 23-27 Oktober 2023.

“Keikutsertaan Haydar di ajang ini merupakan wujud kesungguhan kami dalam membina human capital melalui berbagai pelatihan yang mengasah keterampilan mereka dalam menangani berbagai mesin kendaraan,” kata Christoforus Ronny Ng, selaku Direktur Hyundai Arista Group, dalam keterangan yang diterima VOI, Senin, 23 Oktober.

Haydar Ali berhasil mewakili Hyundai Motor Indonesia setelah berhasil masuk ke dalam tahap seleksi tiga besar di Hyundai World Skill Contest 2023, di mana ia akan menunjukkan keterampilan mekaniknya. Kompetisi ini menilai para peserta berdasarkan kriteria-kriteria khusus, termasuk kemampuan diagnosa EV dari sistem keamanan, sistem pengisian, dan HV Powertrain, serta kelistrikan bodi, sasis, dan sistem baterai HV.

Sebagai salah satu dari 1.500 mekanik lokal yang bekerja di Arista Group, Haydar Ali telah memulai kariernya sebagai mekanik sejak Juli 2021. Ia telah mengukir prestasi gemilang di berbagai ajang, termasuk meraih juara ketiga dalam kategori Service Advisor and Technician di Hyundai National Service Skill Contest 2022.

Haydar juga akan turut serta dalam Hyundai National Service Skill Contest 2023 dalam kategori EV. Persiapan Haydar tidaklah singkat, meliputi serangkaian pelatihan intensif yang dimulai sejak bulan Juni hingga 6 Oktober 2023. Sebagai bagian dari persiapan tersebut, Haydar mengikuti tiga sesi training camp yang fokus pada kendaraan EV, termasuk voltase, sistem pengisian, konversi daya, dan GDS, serta spesialisasi EV.

Sebagai persiapan akhir sebelum bertolak ke Korea Selatan, Haydar melewati tiga sesi training camp terkait rangka mesin dan rem, termasuk ADAS, sasis, sistem heat pump, serta bodi dan sistem listrik. Pada tahap akhir persiapan, Haydar melakukan OJT bersama tim teknis, menjalani sesi brush up, tes tertulis, dan latihan praktis.

Christoforus Ronny berharap bahwa dengan kemampuan dan prestasi gemilang Haydar di kompetisi-kompetisi sebelumnya, Haydar dapat memberikan yang terbaik untuk membawa pulang gelar juara dan mengharumkan nama baik Arista Group, Hyundai, dan Indonesia.