Seperti Ini Cara Merawat Mesin Diesel Agar Bertahan Lama

JAKARTA - Berbeda dengan bensin, mesin diesel dikenal memiliki performa yang lebih kuat serta efisiensi bahan bakar yang irit. Dengan demikian, mobil dengan mesin tersebut diperlukan perawatan khusus agar masa pakainya berlangsung lama.

Sama seperti lainnya, mobil bermesin diesel diperlukan perawatan berkala baik  secara individu maupun rutin membawanya ke bengkel. Meski berbeda dalam penggunaan suku cadang, namun perawatannya tidak jauh berbeda dengan mesin bensin.

Apa yang harus diperiksa dalam perawatan mobil bermesin diesel? Berikut cara perawatannya menurut lansiran laman resmi Auto2000, Selasa, 17 Oktober :

  • Rutin Mengganti Oli : Langkah tersebut merupakan tahapan terpenting dalam menjaga kondisi kendaraan baik bermesin bensin maupun diesel. Oli berguna dalam mengurangi gesekan dalam mesin agar suhunya tetap stabil.
  • Periksa Filter Udara : Komponen tersebut memiliki peran krusial dalam menjaga kinerja mesin tetap optimal. Pastikan filter udara bebas dari kotoran yang menumpuk. Bila bagian ini tidak bersih, maka akan menghambat aliran udara ke mesin dan mengurangi efisiensi bahan bakar.
  • Cek Sistem Bahan Bakar : Dalam membawa mobil ke bengkel, pastikan teknisi memeriksa bagian pembakaran. Pemeriksaan diperlukan agar proses pembakaran mesin bisa berjalan dengan maksimal dan efisien tanpa membuang bahan bakar secara percuma.

Pengguna kendaraan dihimbau untuk melakukan perawatan rutin secara berkala guna memastikan mobil tetap dalam kondisi prima dan beroperasi dengan aman. Hal ini meliputi pemeriksaan dan pergantian komponen lainnya.

Kondisi mesin kendaraan perlu diperiksa secara rutin untuk memastikan bahwa semua komponen berfungsi dengan baik dan tidak terdapat kerusakan pada sistem yang dapat menyebabkan kegagalan mesin saat berada di jalan raya.