Pastikan Tombol AC pada Posisi Off Ketika Mesin Mobil Mati, Ini Gunanya

JAKARTA- Tak sedikit pengguna roda empat lupa memutar tombol atau knop AC mobil ke angka nol ketika keluar mobil dalam kondisi mesin mati. Anda termasuk? Ternyata kondisi tersebut tidak dibenarkan apalagi ketika dilakukan secara berulang. 

Menurut Angga Yudistira, Brand Manager, Rotary Auto, Jakarta, akan ada potensi bahaya ketika terus dilakukan, terutama dari sistem kelistrikan mobil itu sendiri. 

"Potensi bahaya tetap ada yang pasti sistem kelistrikan dapat terganggu, dan bisa makan power aki," katanya, kepada VOI di Jakarta pada 8 Oktober lalu. 

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Angga ini mengatakan, aki mobil tak akan jebol hanya saja bisa tekor ketika kondisi tersebut terus berulang dilakukan. 

"Ketika power aki sudah kemakan terus menerus bisa sulit untuk starter mobil, dan juga bisa memengaruhi aliran arus listrik lainya di beberapa komponen elektrikal," tambahnya. 

Untuk itu ia merekomendasikan setiap pengguna roda empat harus lebih teliti ketika keluar mobil, pastikan knop AC sudah sesuai yang dianjurkan agar tak memengaruhi sistem kelistrikan.