Neta X, SUV Listrik Kompak Terbaru dari Neta Meluncur di Pasar China

JAKARTA - Baru-baru ini, Neta secara resmi merilis Neta X, sebuah kendaraan listrik SUV kompak yang ditujukan untuk pasar China. Mobil ini merupakan versi facelift dari Neta U, dengan berbagai perubahan pada eksterior dan interior.

Dilaporkan Carnewschina, Selasa, 10 Oktober, Neta X memiliki dimensi yang cukup luas untuk kendaraan kompak: panjang 4.619 mm, lebar 1.860 mm, tinggi 1.628 mm, dan wheelbase 2.770 mm. Bahkan, model ini lebih panjang sekitar 7 cm dibandingkan dengan versi U.

Seperti banyak mobil listrik lainnya, SUV ini memiliki desain grill tertutup dengan lampu depan yang tipis. Di samping, pabrikan asal China ini masih menggunakan gagang pintu konvensional dan alis roda berwarna hitam. Perubahan lainnya mencakup penyorotan pilar B dan C dalam warna hitam untuk menciptakan efek atap terapung.

Bagian dalam kabin menampilkan tampilan yang nyaman dengan warna coklat dan hitam, dengan Neta mengklaim bahwa 80% dari interior mobil ini dilapisi dengan material kulit. Neta X juga dilengkapi dengan sunroof panoramik.

Di bagian kendali tengah, terdapat layar berukuran 15,6 inci yang mengambang dan didukung oleh chip Qualcomm Snapdragon 8155. Untuk meningkatkan kemudahan pengaturan dalam kabin, Neta berusaha mengurangi jumlah tombol fungsi pada layar kendali pusat. Selain itu, panel pengisian daya nirkabel juga tersedia di konsol tengah.

Dalam hal daya, Neta X dilengkapi dengan motor listrik permanent magnet synchronous yang memiliki tenaga sebesar 120 kW dengan torsi puncak hingga 210 Nm dan mampu mencapai kecepatan tertinggi hingga 150 km/jam.

Motor ini ditenagai oleh baterai lithium-ion phosphate yang dipasok oleh EVE Power, yang diperkirakan akan memberikan jarak tempuh antara 401 km hingga 610 km berdasarkan siklus CLTC.

SUV ini telah memasuki masa produksi sejak 7 Oktober lalu. Meskipun harga Neta X belum diumumkan secara resmi, model ini diperkirakan akan memiliki kisaran harga antara 118.800 yuan hingga 206.800 yuan, setara dengan Rp256,2 jutaan hingga Rp446,1 jutaan.