Tegas! Shin Tae-yong 'Semprot' Pemain Timnas Indonesia yang Telat Datang Latihan

JAKARTA – Pelatih tim nasional (Timnas) Indonesia Shin Tae-yong, kedapatan memarahi para pemain sebelum latihan perdana persiapan melawan Brunei Darussalam di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pelatih asal Korea Selatan itu terlihat marah-marah ke pemain pada saat memberikan arahan sebelum latihan dimulai pada pukul 17.00 WIB di Lapangan A, Senayan, Jakarta, Senin, 9 Oktober 2023.

Shin mengatakan, dia marah ke pemain karena beberapa di antara mereka telat datang mengikuti pemusatan latihan yang dijadwalkan dimulai pada pukul 12.00 WIB.

"Memang agak [arahan] panjang, ya. Namun, saya harus menegaskan karena ini masalah mental. [Saya marah] karena ada beberapa pemain yang terlambat datang. Padalah, pemusatan dimulai jam 12 tadi. Saya menegaskan janji itu sangat penting, sama seperti nyawa," ujar Shin Tae Yong usai latihan.

Latihan perdana sendiri langsung diikuti oleh total 26 pemain yang dipanggil sang juru taktik. Para pemain diberikan latihan pemulihan karena sebelumnya telah memperkuat klub masing-masing di kompetisi liga.

Shin tidak merinci detail permainan seperti apa yang akan dipersiapkan untuk melawan Brunei nanti di kandang nanti. Namun, dia menargetkan harus menang agar saat tandang nanti skuadnya bisa lebih rileks. 

"Memang pastinya banyak yang penasaran dengan permainan seperti apa yang akan diterapkan melawan Brunei, tetapi mungkin nanti lihat langsung di tanggal 12 di lapangan," ujar dia.

Timnas Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah terlebih dahulu kualifikasi babak pertama zona Asia melawan Brunei. Lima hari berselang timnas Indonesia akan menjalani leg kedua digelar di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah.

Jika lolos dari babak pertama, Indonesia akan masuk babak penyisihan grup babak kedua di Grup F. Di sana Indonesia akan menghadapi musuh lebih berat karena Irak, Vietnam, serta Filipina.

Di babak kedua, pasukan Garuda harus finis sebagai dua teratas jika mau lolos ke baba ketiga. Seandainya itu terjadi maka Indonesia perlu satu langkah lagi untuk tampil di Piala Dunia 2026.