Menanti Keputusan AS Roma soal Nasib Jose Mourinho dan Hansi Flick

JAKARTA - AS Roma dilaporkan bakal memecat Jose Mourinho jika kalah dari Cagliari di Stadion Unipol Domus, Minggu, 8 Oktober. Sebuah kabar mengejutkan mengingat musim ini baru berjalan tujuh pertandingan.

Terlepas dari sikap kontroversial dan gaya melatihnya, dia tetap salah satu pelatih terbaik di Italia. Dirinya sudah membuktikan kiinerjanya saat malang-melintang di berbagai klub dan selalu meraih trofi di klub ditanganinya.

Mulai dari Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, Manchester United sampai Roma sendiri.

Dirinya meraih trofi Liga Champions bersama Porto dan Inter. Di Madrid dan Chelsea, Mourinho memenangi titel liga serta trofi lain.

Gelar di kompetisi Eropa juga diraih bersama MU saat memenangi Liga Europa dan pada 2022 membawa Roma meraih titel UEFA Europa Conference League. Hanya di Tottenham Hotspur, dia gagal meraih trofi.

Prestasi yang mengesankan dari pria Portugal berusia 60 ini karena dia mengakhiri puasa gelar Roma selama 14 tahun dengan memenangi trofi Eropa. Musim lalu, Roma juga mencapai final Liga Europa sebelum dikalahkan Sevilla.

Hanya sentuhan Mourinho sudah tak memberi hasil. Saat dia memasuki tahun ketiga sejak menangani Roma pada 2021, tim mengalami keterpurukan.

Roma berada di zona bawah dengan menduduki peringkat 13 dari tujuh pertandingan pertama liga. Bagaimana tidak, Giallorossi hanya dua kali menang dan sudah tiga kali kalah di kompetisi domestik, termasuk dihajar Genoa 4-1 dan dipaksa menyerah 1-2 AC Milan di kandang sendiri di Olimpico.

Bila kembali menelan kekalahan saat menghadapi Cagliari, Roma bakal kian terpuruk dan menurut Corriere dello Sport, Mourinho bakal terancam kehilangan jabatannya.

Pemilik klub Dan Friedkin sesungguhnya sudah ingin memecat Mourinho sejak kekalahan dari Genoa. Hanya, dirinya masih diberi kesempatan.

Apalagi, Roma berhasil bangkit dengan mengalahkan Frosinone 2-0 dan tampil maksimal di Liga Europa dengan membantai Servette 4-0.

Hanya saja, nasib Mourinho tetap akan ditentukan saat melawan Cagliari. Bila akhirnya dipecat, Friedkin dikabarkan sudah menyiapkan penggantinya.

Mantan pelatih Bayern Munchen Hansi Flick bakal menggantikan Mourinho. Flick sendiri baru saja diberhentikan sebagai pelatih tim nasional Jerman menyusul kekalahan 4-1 dari Jepang di laga uji coba.

Sebelum melatih Die Mannschaft, Flick sesungguhnya meraih sukses di Bayern. Dirinya membawa Bayern meraih quadruple. Total, Flick meraih tujuh trofi selama dua musim di Bayern.