Gerakan Olahraga Untuk Menjaga Massa Otot

YOGYAKARTA – Menjaga massa otot dilakukan dengan olahraga. Ada beberapa gerakan olahraga untuk menjaga massa otot sehingga bentuk tubuh tetap stabil.

Perlu diketahui, massa otot secara umum adalah kadar berat total pada otot manusia. Massa otot bisa mengecil atau membesar, tergantung aktivitas fisik yang dilakukan. Semakin sering seseorang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang melibatkan otot maka semakin baik pula massa otot seseorang. Sebaliknya, massa otot akan jauh berkurang jika gerakan fisik yang melibatkan otot minim dilakukan.

Namun, massa otot juga bisa merujuk pada sekumpulan otot yang ada pada tubuh manusia, namun tersebar di beberapa bagian termasuk pada rangka, organ vital, hingga jantung. Seluruh massa otot harus dijaga dengan baik demi kesehatan.

Gerakan Olahraga Untuk Menjaga Massa Otot

Menjaga otot harus dilakukan tidak hanya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, namun juga dengan melakukan olahraga atau kegiatan fisik lain. Berikut ini bebera olahraga yang membantu menjaga massa otot manusia.

  1. Squat

Gerakan yang diterapkan pada olahraga squat membantu menjaga massa otot, bahkan menambah kekuatan pada otot. Gerakan squat melibatkan beberapa otot tubuh atas dan bawah yang bergerak bersamaan. Selain menjaga massa otot, squat juga membantu pembakaran kalori.

  1. Plank

Plank tidak hanya menjaga massa otot dan menambah kekuatan, namun juga membantu memperbaiki postur badan. Gerakan ini bisa dilakukan tanpa alat bantu tambahan. Selain itu Anda bisa melakukan plank di mana pun, termasuk di kamar tidur atau di tempat lain dalam rumah.

  1. Angkat Beban

Jika Anda ingin menjaga sekaligus menambah kekuatan otot, disarankan untuk olahraga angkat beban. Olahraga ini akan membantu meningkatkan dan menjaga massa otot tubuh sehingga fungsinya akan bekerja secara maksimal.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan gerakan dengan melibatkan otot dan sendi di waktu yang bersamaan. Hal ini dilakukan karena angkat beban bisa jadi stimulator pertumbuhan otot di tubuh.

  1. Pushup

Anda tentu familiar dengan gerakan pushup. Olahraga ini membantu Anda menjaga massa otot tubuh atas. Pushup akan membantu membentuk trisep, otot dada, dan bahu. Bahkan dapat menjaga area punggung bawah agar tak mudah cedera. Olahraga ini juga sangat mudah dan efektif untuk menumbuhkan kekuatan otot.

  1. Lunge

Gerakan ini akan membantu Anda melatih otot bagian tubuh bawah seperti paha depan-belakang, pantat, hingga betis. Cara lunge dasar adalah sebagai berikut.

  • Berdiri tegak, kaki dibuka selebar bahu
  • Langkahkan kaki kanan ke depan, turunkan pinggul mendekat ke lantai hingga kaki berada di sudut 90 derajat dan lutut kiri hampir sejajar dengan lantai. Namun pastikan juga lutut depan tak maju melebih jari kaki
  • Jaga tubuh tetap tegak
  • Tahan posisi 5 detik atau bisa lebih dari itu
  • Setelah itu tarik kaki kanan ke depan agar sejajar dengan kaki kiri. Ulangi gerakan tersebut secara bergantian dengan kaki kiri.
  • Anda bisa melakukan gerakan ini sebanyak 10 hingga 12 kali secara rutin.

Itulah beberapa gerakan olahraga untuk menjaga massa otot. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.